FOTO BERSAMA - Kepala UPT BP2MI Palu, Mahda Syaikhoni, foto bersama PMI yang difasilitasi pulang ke daerah asal di Desa Sabang, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala UPT Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Palu, Mahda Syaikhoni, kembali mengingatkan masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri (LN) harus memiliki dokumen lengkap.

“Jika ingin bekerja ke luar negeri harus melalui prosedur yang benar dan memiliki dokumen lengkap sesuai yang dipersyaratkan,” ujar Mahda, baru-baru ini.

Baru-baru ini, BP2MI Palu memfasilitasi pemulangan dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) terkendala atas nama Moh Akram dan Siti Aishah ke daerah asal di Desa Sabang, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Setelah melalui masa karantina Akram dan Aisha tiba di Palu pada Sabtu 11 September 2021.

Kedua PMI tersebut merupakan pasangan suami istri yang lahir di Berau, Malaysia. Karena tidak memiliki identitas kewarganegaraan dan izin tinggal, maka kedua PMI tersebut sempat ditahan oleh pihak kepolisian Malaysia hingga akhirnya dideportasi ke Indonesia melalui Nunukan pada 1 September 2021.

Diketahui, Akram dan Aisha baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Palu, sehingga pemulangan ke daerah asal diantar pihak UPT BP2MI Palu. Pihak keluarga bahagia karena bisa bertemu dengan Akram dan istrinya. Serah terima dilaksanakan langsung dengan Ardiansyah selaku kakak kandung Akram disaksikan oleh Kepala UPT BP2MI Palu, Mahda Syaikhoni.

“Kami sekeluarga turun temurun memang bekerja di Malaysia untuk mengadu nasib tanpa tahu bagaimana cara yang benar untuk bekerja ke luar negeri. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan semua pihak, terutama BP2MI sehingga saudara kami beserta istri dapat pulang dengan sehat dan selamat. Ke depannya jika ada keluarga yang ingin bekerja ke luar negeri akan mengikuti ketentuan dari pemerintah,” ucap Ardiansyah.

Mahda menyampaikan apresiasi atas koordinasi yang baik antar UPT BP2MI sehingga pemulangan dapat terlaksana dengan lancar.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas