RAMPUNG - Jembatan Desa Tinigi saat ini sudah bisa dilewati sepeda motor. (Foto: Istimewa)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Pengerjaan Jembatan berkonstruksikan rangka baja yang menghubungkan antara Desa Tinigi Kecamatan Galang ke beberapa desa lainnya, hampir rampung. Proyek jembatan yang anggarannya melekat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Tolitoli dan di biayai oleh APBN senilai 14,5 miliar itu telah rampung pengecoran di bagian lantainya. Bahkan kini pengguna roda dua sudah dapat lalu lalang melintas di atas jembatan.

Dari pantauan media ini di lokasi proyek, tampak sejumlah tukang sedang sibuk beraktifitas dalam melakoni pekerjaanya mempercepat penyelesaian pekerjaan jembatan.

Ditemui di lokasi proyek, Anggota Komisi C DPRD Tolitoli dari Partai Nasdem Hi. Muslimin Kamis (30/9/2021) mengatakan, sebagian lembaga yang diberi kewenangan melakukan kontrol terhadap proyek perintah. Pihaknya mengapresiasi atas capaian progres kerja yang dilakukan oleh kontraktor pelaksana,hal ini dikarenakan kontraktor dianggap serius dan sungguh sungguh untuk menyelesaikan pengerjaan jembatan sehingga prosesnya berjalan lancar tanpa ada hambatan.

“Tiga minggu lalu kami datang monitoring pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor dan masih sebatas perakitan besi untuk alas lantai jembatan, kemudian hari ini kami datang lagi mengecek ke lokasi proyek dan yang kami lihat ternyata lantai jembatan itu sudah selesai pengecorannya,bahkan terlihat warga dengan leluasah melintas di atas jembatan menggunakan sepeda motor sembari membawa muatan hasil kebun mereka,” jelasnya.

Hi Muslimin anggota DPRD tiga periode itu menjelaskan sekiranya jembatan itu telah rampung secara keseluruhan dikerja tepat waktu.

Dirinya berharap agar kiranya pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur Sulawesi tengah Rusdi Mastura bersama orang dari kementerian PUPR dan BPNB Pusat  secara bersamaan bisa hadir untuk melakukan peresmian jembatan baru Di Desa Tinigi Kecamatan Galang.

Sementara itu Sekertaris BPBD Tolitoli Vidia Putra menjelaskan sebelum proyek jembatan  itu dikerja,dirinya bersama tim dari BNPB Pusat sudah pernah meninjau langsung lokasi tersebut guna dilakukan pendataan dan sesuai arahan dari tim BNPB Pusat agar BPBD Tolitoli segera mengusulkan anggaran untuk pembuatan jembatan baru. Alhasil usulan BPBD Tolitoli  di setujui dan anggaran untuk pembuatan proyek jembatan direalisasikan oleh BNPB dan proyek pembangunan jembatan  itu hingga terus  berjalan lancar.ungkap Sekertaris BPBD Kabupaten Tolitoli.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas