ILUSTRASI - Wuling. (Foto: Istimewa)

TENTU ada banyak sekali hal yang menjadi pertimbangan saat hendak membeli kendaraan roda empat. Bukan tanpa alasan, harga mobil yang bisa dibilang tidak murah pasti membuat Anda harus bisa memilih dengan cermat. Sudah pasti, Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan barang yang tidak berkualitas, bukan? Nah, hal pertama yang mungkin jadi pertimbangan selain bujet adalah tipe mobil.

Jika Anda penyuka mobil besar yang memiliki kapasitas banyak, tipe SUV sudah pasti jadi jawaban. Lalu, soal merk, yang pastinya akan sangat berpengaruh pada cukup atau tidaknya bujet yang Anda miliki. Meski begitu, kini hadir SUV dengan harga terjangkau alias value for money dengan berbagai fitur canggih dan modern yang tidak perlu Anda ragukan lagi, yaitu Wuling Almaz. Bisa dibilang, kendaraan roda empat yang dibuat oleh Wuling Motors Indonesia ini adalah salah satu SUV pilihan terbaik di pasar otomotif Indonesia saat ini.

Sejarah Wuling Almaz

Sebelum hadir di Indonesia, mobil ini memiliki nama Baojun 530 di negara aslinya. Kendaraan roda empat dengan tipe SUV medium ini punya kapasitas lima hingga tujuh penumpang. Sementara itu, Wuling Cars Almaz sendiri diproduksi sebagai bentuk kerja sama dari SAIG-GM-Wuling atau disingkat SGMW di Negara Tiongkok dan debut awal Auto Guangzhou tahun 2017 silam.

Tepat dua tahun kemudian, SGMW Motors Indonesia atau lebih dikenal dengan Wuling Motors Indonesia secara resmi mengumumkan peluncuran mobil Wuling terbaru, seri Almaz. Nama tersebut diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘berlian’. Hadirnya seri Almaz ini disebut-sebut sebagai pelengkap Wuling di Tanah Air yang sebelumnya hanya memiliki tipe MPV, yaitu tipe Confero dan Cortez. Seri ini akan bersaing secara langsung dengan tipe serupa dari produsen otomotif lainnya, sebut saja Mitsubishi Expander dan Honda CR-V.

Tampilan Eksterior

Sekarang, beralih pada tampilan luar kendaraan. Sebenarnya, desain Wuling Almaz tidak jauh berbeda dengan seri aslinya yang berasa dari Tiongkok. Ciri khasnya adalah tampilan maskulin dengan mengandalkan guratan yang kaku dan tajam pada bodinya. Lalu, tampilan depannya mengusung desain yang mewah dengan lampu depan yang sipit, grille berukuran besar guna mengalirkan banyak udara untuk mesin, dan aksen chrome pada bagian grille untuk menambah kemewahan.

Beralih pada bagian bawahnya, terdapat bumper besar yang sewarna dengan grille atasnya. Lampu DRL dan fog lamp akan sangat membantu penglihatan Anda saat harus berkendara di malam hari, terlebih ketika kondisi jalanan sedang berkabut. Lalu, dari sisi sampingnya, terdapat roof rail yang membantu memudahkan Anda membawa barang di bagian atas atap. Menariknya, ground clearance mobil ini setinggi 230 millimeter, termasuk yang paling tinggi di kelasnya.

Tampilan Interior

Satu hal yang cukup menarik saat Anda melihat interior seri Almaz adalah tampilan head unit berukuran 10,4 inci di bagian tengah. Ukuran ini tentu cukup besar, dengan posisi tegak yang cukup mirip dengan head unit milik Tesla. Belum lagi dengan fitur voice command WIND, fitur perintah suara dengan Bahasa Indonesia pertama yang ada di dunia. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menjawab panggilan atau membuka sunroof.

Tampilan interior mobil ini memang bisa dibilang sangat menawan, terlebih dengan kabin yang kedap suara dan adanya sunroof di atas. Sementara itu, bagian kemudinya mengusung konsep multifungsi dengan banyak tombol pengaturan, tentunya untuk memudahkan pengendara dalam mengakses banyak fitur yang tersedia dalam kendaraan. Perihal kabin penyimpanan, Anda tidak perlu khawatir karena Wuling memberikan banyak ruang untuk menyimpan barang-barang.

Performa Mesin

Meski harganya terbilang terjangkau di kelasnya, Wuling Almaz punya keunggulan mesin yang sangat responsif. Mobil ini menggunakan mesin 1,5T dengan mengusung teknologi DVVT dan DOHC. Tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni, yaitu sebesar 140 PS pada putaran 5.200 rpm dan puncak torsi mencapai 250 Nm pada putaran antara 1.800 sampai 3.600 rpm. Tenaga dialirkan menuju ke roda bagian depan, sehingga meminimalisir terjadinya loss power pada mobil.

Tersedia dua pilihan transmisi, yaitu CVT dengan 8-percepatan otomatis atau manual dengan 6-percepatan. Tak sama dengan jenis transmisi Automated Mechanical Transmission atau AMT yang ada pada seri Cortez, Wuling mengklaim jenis transmisi pada seri Almaz ini mampu memberikan akselerasi dan perpindahan gigi yang lebih soft.

Handling dan Performa

Memang benar, mobil Wuling seri Almaz berasal dari pabrik di Negeri Tirai Bambu, tetapi kendaraan roda empat ini tetap memiliki performa menjanjikan ketika Anda mengemudikannya. Bahkan, sang produsen memberikan dua pilihan berkendara yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, yaitu Eco untuk efisiensi mesin dan Sport yang memaksimalkan performa.

Mobil ini juga telah memiliki fitur dengan teknologi Dual Variable Valve Timing atau DVVT. Fitur ini memiliki fungsi untuk menambah kesan ekonomis sekaligus sporty saat Anda berkendara. Jadi, meski mesin sedang berada pada putaran rendah, mobil tetap akan melaju penuh tenaga. Ingin berkendara pelan maupun kencang, Almaz tetap memberikan jaminan kenyamanan pada semua penumpangnya.

Meski begitu, mesin dengan tenaga turbo yang disematkan dalam mobil ini akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Terlebih dengan bobot kendaraan yang telah mencapai lebih dari 1 ton. Meski begitu, kenyamanan dan performa yang diberikan tentu sebanding dengan bujet yang Anda keluarkan.

Wuling Almaz menawarkan banyak fitur dan teknologi canggih untuk menemani Anda dalam perjalanan. Cek harganya sekarang di Blibli, melalui Blimobil Showroom Virtual, Anda bisa mendapatkan harga Wuling seri Almaz maupun banyak merk lainnya dengan harga dan penawaran yang sangat menarik. (*)

Ayo tulis komentar cerdas