Salah satu mekanik Yamaha terlihat sedang melakukan pengecekan dan perbaikan unit. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Selain menghadirkan beragam sepeda motor dengan fitur canggih, Yamaha juga memberikan fasilitas perawatan sepeda motor yang mumpuni ialah dengan program Yamaha Diagnostic Tools (YDT) yang mendukung perawatan sepeda motor injeksi Yamaha.

Layanan ini telah menjadi salah satu fasilitas bagi konsumen Yamaha yang dianggap karena hingga saat ini YDT sangat konsisten untuk digunakan di seluruh Bengkel Resmi Yamaha guna memeriksa kondisi semua jenis sepeda motor injeksi milik Yamaha.

“Perkembangan teknologi sepeda motor semakin canggih, dan dilengkapi dengan berbagai macam sensor. Tentunya mempengaruhi cara perawatan dan pengecekan sepeda motor,” tutur Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Selasa (28/9/2021).

Menurutnya, jika dulu menggunakan sistem pengecekan manual, kini Yamaha menggunakan perangkat digital Yamaha Diagnostic Tools (YDT) dan computer untuk mendukung perawatan sepeda motor injeksi Yamaha menjadi lebih cepat dan akurat.

Motor Yamaha dengan teknologi Blue Core memiliki beberapa sensor yang akan memberikan informasi ke ECU (Electronic Control Unit), sensor tersebut diantaranya Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS),” ujarnya.

“Termasuk dengan Crankshaft Position Sensor (CPS), O2 Sensor, hingga Engine Temperature Sensor. Agar kondisi sepeda motor tetap optimal, sensor tersebut wajib diperiksa kondisi-nya menggunakan YDT,” ujarnya menambahkan.

Yamaha Diagnostic Tool (YDT) adalah alat untuk mendiagnosa fungsi setiap sensor, troubleshooting, pencatatan riwayat kerusakan, hingga pemrograman ulang ECU. YDT menjadi alat ukur spesifik yang disambungkan ke komputer untuk mengecek kondisi sepeda motor yang sudah memiliki banyak sensor, khususnya pada sistem FI.

YDT memiliki beragam kelebihan, seperti memberikan notifikasi malfungsi pada sepeda motor. Kemudian, mempercepat analisa saat troubleshooting karena jika ada kerusakan atau setelan yang tidak sesuai akan langsung tampil di layar computer.

Selanjutnya, memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan jelas kepada konsumen mengenai kondisi sebelum maupun sesudah service. Lalu mendapatkan hasil diagnostic dengan lebih cepat dan akurat.

Terakhir, menyimpan seluruh data riwayat servis sehingga konsumen dapat melakukan pengecekan sistem injeksi di seluruh jaringan Bengkel Resmi Yamaha se-Indonesia.

Fasilitas YDT ini dirasakan manfaatnya oleh seluruh pengguna motor Yamaha, salah satunya Emanuel (39) seorang karyawan swasta yang melakukan servis motor Yamaha GEAR 125 di Flagship Shop Jakarta.

“Setiap melakukan servis rutin di bengkel resmi Yamaha ada hasil diagnostiknya sehingga saya bisa langsung mengetahui kondisi sepeda motor saya dengan lengkap dan jelas,” jelasnya.

Pastikan motor Yamaha kesayangan kalian mendapatkan perawatan rutin dengan pemeriksaan yang tepat, agar selalu memiliki performa yang optimal. (**/fik)

Ayo tulis komentar cerdas