Prof Mahfudz. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Melaka Malaysia. Kerjasama yang dijalin dalam bidang pendidikan, budaya, dan pertukaran ilmiah.

Kesepakatan kerjasama diteken secara virtual antara Rektor Untad, Prof Mahfudz MP dengan Rektor UiTM Malaysia, Prof Abdul Halim, Senin 27 September pagi.

Prof Halim menyampaikan apresiasi atas kerjasama antar bangsa yang dilakukan UiTM dengan Untad.

“Kami mengapresiasi Universitas Tadulako yang telah menyepakati kerjasama dibidang pendidikan dan berbagai aktivitas lainnya secara professional antara UiTM dan Untad. Harapannya kerjasama antar bangsa ini akan semakin memperluas jaringan antara kedua pihak,” ucapnya.

Dia menerangkan UiTM merupakah salah satu kampus terbesar di Malaysia dengan 34 cabang yang pusatnya berada di Selangor. Dengan adanya kerjasama diharapkan pula meningkatkan kepakaran termasuk pelajar dan akademik dibidang pengajaran, pendidikan dan pembangunan.

“Saya berharap kerjasama ini semakin banyak melahirkan kerjasama dibidang lain dan memperkuat hubungan kedua kampus. Tak hanya itu, semoga kerjasama ini memberikan dampak besar juga untuk Pendidikan di Asia Tenggara,” tandas Prof Halim.

Hal senada juga disampaikan Rektor Prof Mahfudz. Bahkan menurutnya kerjasama yang terjalin sangat berkesan mengingat kedua negara merupakan satu rumpun.

“Hari ini merupakan momentum yang bersejarah dan berkesan untuk Untad. Hari ini merupakan bentuk persaudaraan karena kita satu rumpun yang semakin diperkuat dengan adanya bentuk kerjasama antara kedua perguruan tinggi. Respon Rektor Malaysia sangat hangat dan luar biasa untuk menerima kerjasama ini,” ujar Prof Mahfudz.

“Insyaallah jika kondisi pandemi Covid-19 semakin membaik, pertemuan secara tatap muka dapat kita lakukan agar hubungan silaturahmi dapat lebih dekat dan bersahaja,” tambahnya.

Prof Mahfudz menambahkan Untad pada Agustus lalu telah memasuki usia 40 tahun yang masih harus terus berbenah.

“Tentu harus banyak belajar dari universitas senior seperti UiTM. Tapi kami tetap percaya diri untuk menawarkan kerjasama ini. Kami siap berbagi dengan segala potensi yang kami miliki,” pungkas Rektor Untad.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas