Evelin Bintiri, SPd. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Guna meningkatkan kompetensi siswa, pemerintah mendorong sekolah menengah kejuruan (SMK) yang memperoleh bantuan revitalisasi mengubah bentuk jadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). 

Dorongan mengubah SMK menjadi BLUD ini diarahkan kepada pemerintah provinsi yang menjadi penanggungjawab pendidikan menengah kejuruan.

Terkait hal tersebut, untuk SMK di Poso yang mendapat kepercayaan sebagai SMK yang bakalan  dijadikan sekolah BLUD yakni SMKN 2 yang saat ini sudah memiliki 5 (lima) jurusan.

Kepsek SMKN 2 Poso Evelin Bintiri, SPd kepada Metrosulawesi, Sabtu 25 September 2021 mengatakan, SMK BLUD dibentuk untuk mempersiapkan para guru dan siswa dapat menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan serta dapat membantunya pendanaan, pemeliharaan serta penambahan fasilitas dan pembiayaan operasional di SMKN 2 Poso.

“Memang  disarankan SMK yang sudah menerima bantuan revitalisasi, dapat segera menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD yang mampu menghasilkan (income generator). Nantinya digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan SMK tersebut,” katanya.

Masih dikatakan Evelin, persiapan untuk menjadi sekolah BLUD saat ini telah dipersiapkan seiring tahun ini sekolah SMKN 2 Poso sedang ada rehab gedung sekolah termasuk sarana penunjang lainnya, intinya SMKN 2 Poso sangat siap dijadikan BLUD sebagaimana keinginan pemerintah.

Kepsek menambahkan, saat ini SMK memegang peranan penting dalam melengkapi pesatnya pembangunan yang bersifat fisik. Oleh karena itu, Kemendikbud pun serius menguatkan peran SMK melalui Program Revitalisasi SMK yang sudah berjalan dua tahun tersebut. Dia yakin bahwa revitalisasi ini akan menopang, mendukung, melengkapi semakin banyaknya pembangunan infrastruktur fisik.

Dijelaskannya, bahwa strategi pemerintah sedikit bergeser, yakni dari sebelumnya yang fokus pada pembangunan infrastruktur fisik, maka di tahun 2019 ini menjadi lebih fokus kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM). SMK pun menjadi andalan pemerintah dalam menyiapkan tenaga terampil.

Memang kalau kita ingin maju, kalau kita ingin menyiapkan tenaga kerja terampil itu ya SMK.

“Kami berharap dijadikannya SMKN 2 Poso sebagai BLUD, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disini semakin meningkat, karena melihat peluang kerja bagi lulusan SMK sudah nyata dan jelas,” tutur Evelin.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas