Ir. Hj. Heppy Sri Handayani Noor. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Sehari jelang peringatan tiga tahun bencana gempa/tsunami fasilitas penyintas belum juga terselesaikan.

Untuk kelurahan Ganti kecamatan Banawa misalnya, di kelurahan ini pemerintah membangun 100 unit Huntap dengan dua lokasi berbeda, pertama sebanyak 18 unit dibangun persis berada di belakang rutan (rumah tahanan).

Kedua 82 unit dibangun di lokasi sedikit jauh dari pemukiman penduduk, berada paling belakang berdekatan dengan pegunungan dan sungai, dan proyek pembangunan 100 unit huntap di Kelurahan Ganti  dilakukan oleh PT Waskita.

“Belum kami tau jadi tidak acara penyerahan kunci untuk penyintas pada 28 September, karena sementara pasang listrik, baru 5 unit huntap yang masuk aliran listriknya,” kata Kadis PUPR Ir. Hj. Heppy Sri Handayani Noor jumat sore kemarin di kantornya.

“Rencana mau panggil semua masyarakat penyintas untuk terima kunci rumah pada 28 September, tapi kalau mau tinggal baru 5 menyala lampu percuma juga, kalau untuk seremonial bisa saja, makanya saya mau menghadap sekda menanyakan acara seremonial terima kunci,” bebernya.

Ditanya kendala sehingga aliran listrik belum semua terpasang, Heppy menjawab bukan hanya persoalan listrik saja, tetapi air bersih juga masih menjadi kendala.

“Kalau masalah listrik tanya ke PLN saja, kalau air sudah keluar tetapi belum jernih masih kabur (keruh), saya kasih tahu PDAM, sementara pasang tangki saja depan rumah, nanti diisi,sambil menunggu air jernih,” sebutnya.

Terpisah Manger PLN Donggala Made yang dikonfirmasi via ponselnya Minggu (26/9) mengatakan ada 82 unit huntap yang sudah masuk permohonan sambung barunya dan sementara pihaknya persiapkan untuk mengakomodir penyambungan tersebut.

“Masih menunggu pembangunan dan perluasan jaringan pak, dengan kabel yang terpasang sekarang hanya mampu melayani 5 sambungan dulu, dan sesuai permintaan awal dari vendor untuk digunakan dalam peresmian, ada 82 unit huntap yang sudah masuk permohonan sambung baru,” jawabnya.

Disinggung kapan terselesaiakan pemasangan 82 unit aliran listrik Made mengatakan pekerjaan dilaksanakan oleh UP3 Palu.

“Kami konfirmasi dulu ke area untuk waktu pelaksanaannya,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas