Abdul Hafid Djakatare. (Foto: Istimewa)
  • Plt Kadisdikbud: Perketat Prokes

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Abdul Hafid Djakatare mengungkapkan, pada Senin, 27 September 2021, sekolah di Palu sudah dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas.

“Rencana pembukaan sekolah tersebut telah dibahas dalam rapat koordinasi bersama para pejabat terkait. Olehnya itu saat ini tengah dirancang pembuatan Surat Edaran (SE) terkait implementasi PTM tersebut,” kata Hafid, melalui ponselnya, belum lama ini.

Kata dia, sesuai hasil rapat koordinasi belum lama ini, direncanakan PTM dilaksanakan pada Senin pekan depan.

“Tetapi kita tetap menunggu surat edaran resminya. Insya Allah, kami akan berkoordinasi dengan rekan-rekan Kabid untuk meramu redaksi dari SE tersebut,” ujarnya.

Hafid mengatakan, sehubungan dengan implementasi PTM tersebut, maka pihaknya mengajak semua masyarakat untuk mempertahankan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Palu yang kini berada di level 3, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kita sangat bersyukur saat ini PTM sudah dibolehkan. Namun saya mengajak seluruh masyarakat, orangtua peserta didik, peserta didik, tenaga pendidik, agar menjaga status kita ini yang sudah berada di level tiga, sehingga bisa kita tingkatkan ke level satu atau dua, dengan kepedulian kita semua untuk mentaati prokes. Insya Allah kita bisa mencapai level satu,” katanya.

Selain itu kata Hafid, rencana implementasi PTM tersebut dipermantap dengan vaksinasi peserta didik yang saat ini sedang berlangsung.

“Saat ini kita sedang melaksanakan vaksinasi di 49 sekolah jenjang SMP negeri dan swasta di Kota Palu. Semoga upaya ini dapat membentuk imun komunal di lingkungan sekolah, sehingga peserta didik kita dalam keadaan sehat saat menjalani PTM,” ungkapnya.

Diketahui, sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Palu saat ini terus digenjot agar bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai salah satu persiapan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di sekolah.

Pada Selasa, 21 September 2021, secara perdana ada dua SMP di Palu yakni SMPN 1 Palu dan SMPN 2 Palu melaksanakan vaksinasi yang diperuntukkan untuk siswa dan orang tua.

“Jadi hari ini (kemarin-red) secara perdana dilaksanakan vaksinasi siswa secar massal di lingkungan sekolah. Dan perlu diketahui bahwa vaksinasi ini dilaksanakan langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Palu,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ambotuwo, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMPN 1 Palu.

Menurut Ambotuwo, proses vaksinasi siswa di lingkungan sekolah ini telah dijadwalkan mulai dari 21 September dan berakhir 22 Oktober 2021.

“Kami sudah buat urutan sekolah mana saja yang disasar menggelar vaksinasi. Maka untuk di tahap awal ini SMPN 1 dan SMPN 2, kemudian besok (hari ini-red) SMPN 3 dan SMPN 4, dan dilanjutkan sekolah lainnya, begitu seterusnya hingga 22 Oktober mendatang,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas