Sesi Kristina Mapeda SH MH. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Poso Sesi Kristina Mapeda SH MH  menyampaikan selamat dan sukses kepada pejabat eselon II yang telah dilantik Bupati dr Verna Inkiriwang  Senin 20 September 2021  di Torulemba Rujab Bupati Poso.

“Selamat menjalankan tugas. Kami (DPRD) berharap pejabat yang sudah dilantik bekerja maksimal, mendukung penuh visi misi Bupati dan Wakil Bupati Poso  demi terwujudnya Kabupaten Poso yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri,” kata Sesi, Selasa kemarin.

Legislator dari Partai Golkar ini mengingatkan pejabat yang baru dilantik untuk menjaga integritas dan kreatifitas demi sebesar-besarnya kemajuan Poso dan kesejahteraan masyarakat Poso.

“Harapan kami pejabat yang sudah dilantik memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan amanah yang diberikan. Sebagai pembantu Bupati mereka harus seirama dengan visi misi dan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati. Mereka harus mampu mengimplementasikan arahan dan petunjuk Bupati dan Wakil Bupati. Mereka harus bekerja dengan baik dan benar,” papar Sesi.

Disinggung penempatan pejabat yang baru dilantik di jajaran Pemkab Poso dikatakan Sesi yang sering disebut Srikandi Tana Poso ini menegaskan, penempatan pejabat untuk menempati posisi Kepala Dinas maupun Kepala Badan bahkan Asisten termasuk Staf Ahli, semuanya merupakan hak prerogatif kepala daerah.

“Mereka dianggap cakap dan dinilai mampu menjalankan roda organisasi dalam hal ini Kepala OPD, olehnya berikan semampu pejabat tersebut dalam terobosan serta kemajuan yang signifikan, apa yang masih kurang atau perlu dibenahi menjadi tanggung jawab pejabat yang baru dilantik,” ujarnya.

Terkait pergeseran pejabat di lingkungan Sekretariat Dewan yakni jabatan Sekwan yang berganti dari Dr Yus Madoli ke pejabat Ir Herningsih Tampai MSi menurut Sesi Mapeda sudah menjadi hak prerogatif kepala daerah. Sebelumnya memang sudah ada surat pemberitahuan yang ditujukan kepada DPRD terkait usulan nama untuk mengisi jabatan Sekwan.

“Ada tiga nama pejabat yang diusulkan sebagai Sekwan, atas kesepakatan dan persetujuan fraksi yang ada di DPRD, maka memilih Ir Herningsih Tampai sebagai Sekwan, kami sebagai lembaga legislatif tidak bermasalah dari pergantian jabatan Sekwan, kepada pejabat baru tentu mampu bersinergi dengan seluruh anggota DPRD Poso,” tutur Sesi Kristina Mapeda.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas