Ma’mun Amir. (Foto: Istimewa)
  • Pemprov Gelar Pra Rakor Gubernur dengan OPD

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng menggelar pra rakor gubernur bersama organisasi perangkat daerah (OPD) serta bupati dan wali kota se Sulteng, Senin (20/9). Pra rakor yang dirangkaikan dengan musrenbang RJPMD Sulteng tahun 2021-2026 dibuka Wagub H Ma’mun Amir secara virtual.

Wakil Gubernur mengatakan, visi gubernur dan wakil gubernur yakni “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju” dengan 8 misi merupakan tujuan yang harus dicapai melalui penyusunan RPJMD dan RKPD. Dia berpesan kepada OPD untuk menyelaraskan program dan kegiatan berdasarkan RPJMD yang telah disetujui.

Wagub juga menyinggung soal anggaran OPD dikelola dengan baik, efektif, efisien, dan mengurangi perjalanan dinas.

‘’Menetapkan rencana anggaran yang efektif dan efesien, mengurangi belanja perjalanan dinas dan kegiatan yang sifatnya seremonial,’’ kata Wagub.

Mantan Bupati Banggai itu mengatakan, saat ini prioritas utama Pemprov Sulteng percepatan pembangunan infrastruktur untuk mendukung rencana pemindahan Ibu Kota Negara baru.

‘’Untuk itu Sulawesi Tengah harus disiapkan dari sisi kualitas insfrastruktur sebagai daerah penyangga ibu kota negara baru,’’ kata Ma’mun Amir.

Selain itu, percepatan pengentasan kemiskinan dan pengangguran melalui program Rp100 miliar per kabupaten/kota per tahun. Program ini diharapkan dapat merealisasikan program prioritas di kabupaten dan kota juga untuk memberikan pemerataan pembangunan untuk masing-masing kabupaten dan kota.

Untuk program peningkatan SDM melalui sekolah vokasi dan peningkatan kualitas produktivitas pertanian dan peternakan untuk meningkatkan nilai tambah petani. Wakil Gubernur juga menyampaikan bahwa peningkatan ekonomi masyatakat Sulawesi Tengah sehingga dilakukan penandatangan MoU dengan BRI, serta pihak-pihak lainnya.

Pra rakor gubernur dihadiri Tim Asistensi RPJMD, kepala Bappeda kabupaten/kota, kepala OPD Provinsi Sulawesi Tengah dan Kasubag Program OPD. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas