Rusdy Mastura. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng kini tak ada lagi yang berstatus PPKM Level 4. Kota Palu dan Kabupaten Poso menjadi dua daerah yang keluar dari zona level 4 pada 19 September 2021.

Berdasarkan rapat evaluasi PPKM Level 4 diluar Jawa dan Bali yang dipimpin Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Minggu (19/9), tren penurunan kasus covid secara nasional sangat menggembirakan. Demikian juga di Provinsi Sulawesi Tengah, di mana kasus aktif sangat drastis.

Sesuai data Pusdatina Covid-19 Sulteng, kasus positif Covid-19 per tanggal 19 September 2021 hanya 61 kasus. Sehari sebelumnya kasus positif sebanyak 143 kasus.

Sementara untuk Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit berada dalam posisi 15 persen terisi, dan keterisian tempat isolasi terpusat hanya pada kisaran 9 persen.

Berdasarkan laporan cakupan penerapan PPKM untuk Level 4, Kota Palu dan Kabupaten Poso sudah keluar dari Level 4. Sehingga kabupaten dan kota Di Sulawesi Tengah tidak ada lagi masuk PPKM Level 4.

Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura mengapresiasi kinerja, bupati /wali kota,  Satgas Covid-19, TNI, Polri yang terus bersinergi untuk penanggulangan Covid-19.

‘’Semoga semua kabupaten dan kota sumuanya turun level penanganan PPKM,’’ kata Gubernur, Senin (20/9).

Gubernur meminta kepada bupati dan wali kota agar dapat melaksanakan sekolah tatap muka dengan berpedoman pada SKB 4 menteri dan melaksanakan kegiatan ekonomi masyarakat sesuai dengan ketentuan Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Instruksi Gubernur Sulawesi Tengah dan ditindaklanjuti dengan Instruksi Bupati dan Wali Kota.

‘’Kepada masyarakat Sulawesi Tengah saya minta terus mematuhi protokol kesehatan, lindungi diri , lindungi keluarga dan lindungi sesama kita bersama melawan Covid,’’ kata Gubernur. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas