ILUSTRASI - Sembuh Covid-19. (Foto: Ist)
  • Update Sulteng (19/9): 119 Sembuh, 61 Positif, 2 Meninggal

Palu, Metrosulawesi.id Dinas Kesehatan (Dikes) Sulawesi Tengah, telah memperbaharui data perkembangan kasus penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona, per hari ini Minggu 19 September 2021.

Tertera pada data yang disadur dari laman https://dinkes.sultengprov.go.id/, ada 119 pasien berhasil sembuh dari Corona. Dengan tambahan tersebut, jumlah total pasien sembuh dari Covid-19 kini mencapai 42.379 orang.

Sigi dan Kota Palu terbanyak menyumbang pasien sembuh dari Covid-19.  Sigi bertambah 30 orang, sedangkan Kota Palu bertambah 29 orang. Peringkat ketiga ada di Morowali Utara (Morut) dengan 18 pasien sembuh, Tojo Una Una 13 orang, Poso bertambah 12 orang.

Berikutnya di Banggai ada 11 pasien sembuh, Toli-Toli bertambah 4 orang, Banggai Laut (Balut) dan Buol masing-masing bertambah satu pasien sembuh dari Corona.

Masih data yang sama, hari ini pasien baru terkonfirmasi positif Corona bertambah 61 orang. Dengan tambahan tersebut, jumlah total kasus Covid-19 yang ditemukan di Sulteng sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 45.518 orang.

Parigi Moutong dan Morowali menjadi daerah terbanyak pasien baru positif yakni 13 orang, disusul Banggai 8 orang, Kota Palu dan Sigi masing-masing bertambah7 orang, Di Buol bertambah 6 orang, Donggala, Poso dan Banggai Kepulauan masing-masing 3 orang positif.

Selanjutnya di Toli-Toli bertambah dua pasien positif, serta Morut  1 pasien baru tertular Corona.

Sumber: Dinkes Sulteng.

Selain itu, hari ini dilaporkan sebanyak 2 pasien positif Corona di Sulteng  meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah total pasien positif Covid-19 yang meninggal sebanyak 1.527  orang. Dua pasien Corona dilaporkan tutup usia berasal dari Kota Palu dan Tojo Una Una.

Sementara pasien aktif yang masih memerlukan penanganan tim medis di Sulteng hingga hari ini berjumlah 1.612 orang.  Dari julah tersebut, perawatan di Rumah Sakit dan Isolasi Terpusat sebanyak 382 orang, sedangkan Isolasi Mandiri seabanyak 1.230 orang.

Sementara pemeriksaan sampel di UPT Laboraotirum Dinkes Sulteng, Minggu (19/9/2021) sebayak 446 smpel.

Pemerintah tak lelah mengimbau warga menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.

Pemerintah juga telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 untuk menekan laju penyebaran Corona. Warga diminta menaati aturan yang diberlakukan selama PPKM agar pandemi virus Corona dapat teratasi. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas