Munari. (Foto: Metrosulawesi/ Ginda Sari)

Palu, Metrosulawesi.id – Pelaksanaan wisuda Universitas Tadulako (Untad) angkatan 102 sampai 106 direncanakan awal Oktober mendatang. Perencanaan tersebut menyesuaikan akhir perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Palu.

“Kalau September ini belum bisa karena perpanjangan PPKM Level 4 selesai akhir bulan,” ujar Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr Ir H Munari ST SH MM, Jumat, 17 September 2021.

Munari mengatakan langkah awal pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor Untad Bidang Akademik. Setelahnya, hasil pertemuan akan difinalisasi bersama Rektor Untad, Prof Dr Mahfudz MP.

Diperkirakan dua pertemuan tersebut selesai akhir September sehingga direncanakan pelaksanaan wisuda awal Oktober. Munari menggambarkan pelaksanaan wisuda nantinya akan menerapkan sistem bak perjamuan.

“Jadi nanti para wisudawan datang tapi langsung dipindahkan tali toga baru setelahnya pulang. Jarak antar para wisudawan akan diatur untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” terang Munari.

Dia mengatakan ada sekitar 6.000 lebih calon wisudawan 102-106 yang tertunda sejak tahun lalu. Olehnya panitia disebut akan secara matang melakukan persiapan agar pelaksanaan wisuda tidak menjadi klaster baru Covid-19.

“Memang yang paling utama dipersiapkan protokol kesehatan karena jangan sampai ada klaster baru,” ujarnya.

Munari menambahkan kemungkinan nantinya pelaksanaan wisuda akan berlangsung selama tujuh hari. Dalam sehari akan diikuti sekitar 600-700 peserta wisudawan yang nantinya dipusatkan di Lapangan Upacara Untad.

“Nanti Satgas Covid Untad juga akan membantu memastikan penerapan protokol kesehatan untuk pelaksanaan wisuda,” ucap Kepala BAKP.

Munari mengharapkan calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda telah divaksin Covid-19 untuk meminimalisir risiko. (mic/mg1)

Ayo tulis komentar cerdas