Banjir yang terjadi di Kabupaten Tolitoli. (Foto: IG like_palu)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Sejumlah petugas kebersihan dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Tolitoli dikerahkan untuk membantu membersihkan area Rumah Sakit Umum Mokopido dari material lumpur.

Lumpur tersebut berasal dari sisa banjir saat hujan lebat yang  mengguyur kota cengkeh pada Rabu 15/9/2021. Material lumpur menimbun pelataran parkir rumah sakit sehingga mengganggu aktivitas pelayanan di rumah sakit.

Sekretaris BPBD Kabupaten Tolitoli Vidia Putra kepada wartawan Kamis 16/9/2021 mengatakan saat ini personel BPBD dikerahkan secepatnya untuk membersihkan lumpur.

Menurutnya jika hal ini dibiarkan tentunya akan membahayakan bagi keselamatan dan dan kenyamanan masyarakat yang akan datang berobat di rumah sakit.

Selain itu jika lumpur  tidak dibersihkan maka dikhawatirkan lumpur itu akan menjadi debu berterbangan dan sangat membahayakan pernapasan setiap orang yang dapat menimbulkan sumber penyakit sesak nafas.

Dikatakan sejumlah logistik alat bantu yang ada di kantor BPBD seperti  kendaraan truk roda empat,perahu karet serta peralatan kecil lainnya digunakan untuk dipakai membersihkan fasilitas umum.

“Lumpur yang menggenangi pelataran rumah sakit harus kami bersihkan secepatnya sebab banyak aktivitas warga disana dalam hal membutuhkan pelayanan pengobatan,” ujarnya.

Dikatakan pihaknya juga tidak hanya terfokus pada pembersihan di area rumah sakit, namun semua fasilitas milik pemerintah yang sempat terendam lumpur akan dibersihkan secepatnya sehingga tidak mengganggu pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu BPBD juga akan melakukan pendataan terhadap pemukiman warga yang rumahnya dimasuki lumpur dan nantinya akan di bersihkan dengan alat milik BPBD.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas