BAGI MASKER - Ketua TP. PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Vera Rompas Mastura, S,Sos, M.Si, membagi-bagikan masker kepada warga. (Foto: Ist/ Pemprov Sulteng)
  • Update Kamis (16/9) 248 Sembuh, 69 Positif, 2 Meninggal

Palu, Metrosulawesi.id – Kasus baru virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng)  makin terkendali dalam beberapa pekan terakhir.

Tercatat dalam dua pekan  hari terakhir jumlah tambahan kasus baru Corona di Sulteng  selalu lebih rendah dibandingkan dengan kasus pasien yang sembuh dari  Corona.

Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, dalam release yang diterima Metrosulawesi.id, Kamis 16 September 2021, menyebutkan tambahan pasien sembuh dari Corona hari ini berjumlah 248 orang.

Dengan tambahan itu, maka total  pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 di Sulteng kini menjadi 41.854 orang.

Poso kembali menjadi daerah terbanyak penyumbang pasien sembuh dari Corona yakni 88 orang. Disusul Parigi Moutong (Parimo) dengan 52 orang, Kota Palu hari ini, bettambah 38 orang, dan Morowali Utara (Morut) bertambah 23 orang.

Berikutmya tambahan pasien sembuh dari Covid-19 dilaporkan Buol 18 orang, Sigi 10 orang. Lima daerah lainnya melaporkan ada tambahan pasien sembuh dari Corona di bawah angka 10. Diantaranya Banggai 7 orang, Tojo Una Una 5 orang, Morowali 3 orang, serta Donggala dan Banggai Kepulauan (Bangkep) masing-masing bertambah 2 orang.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Meski jumlah pasien sembuh tinggi, kasus positif juga masih terjadi dengan jumlah pertambahan sebanyak 69 orang. Sehingga total warga Sulteng terinfeksi Corona hingga saat ini berjumlah 45.190 orang.

Parimo mencatat penyumbang terbanyak pasien baru positif Covid-19 yakni 31 orang. Disusul berturut-turut Buol 14 orang, Sigi 7 orang, Kota Palu dan Banggai masing-masing bertambah 4 orang.

Selanjutnya, Donggala ada tambahan 3 orang positif, Poso dan Tojo Una Una masing-masing 2 orang, serta Bangkep dan Toli-Toli masing-masing ada tambahan 1 pasien baru positif.

Sementara, pasien meninggal diakibatkan terpapar Corona juga bertambah lagi sebanyak 2 orang dan  kumulatifnya mencapai 1.510 orang. Dua pasien Covid-19 tutup usia hari ini berasal dari Parimo dan Toli-Toli.

Sejalan dengan itu, kasus aktif atau pasien positif yang masih membutuhkan perawatan medis, hari ini berjumlah 1.826 orang. Rinciannya perawatan di Rumah Sakit dan Isolasi Terpusat  berjumlah 442. Sedangkan Isolasi Mandiri berjumlah 1.384 orang.

UPT Laboratorium Dinkes Sulteng per hari ini Kamis (16/9/2021) masih memeriksa 225 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas