SAMBUTAN - Rektor Prof Mahfudz didampingi jajaran menyampaikan sambutan saat pembukaan pembekalan KKN Angkatan 96 Untad secara virtual, Rabu 15 September 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 1.376 mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 96. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Untad menggelar pembekalan dengan mengusng tema tema “Penguatan masyarakat tangguh yang komunikatif di masa pandemi”. Pembekalan dilakukan secara virtual pada Rabu 15 September 2021.

Rektor Untad, Prof Mahfudz, menyampaikan apresiasi kepada jajaran LPPM atas terlaksananya kegiatan KKN meski berada dalam situasi pandemi. Namun Prof Mahfudz memberi perhatian khusus terkait pendistribusian mahasiswa peserta KKN.

“Distribusi mahasiswa yang mengikuti KKN per fakultas dan per prodi belum cukup merata. Padahal kegiatan KKN adalah kegiatan yang strategis dari sisi pemenuhan kurikulum. Sementara, terdapat prodi yang tidak ada mahasiswanya yang melakukan KKN, padahal keterlibatan mahasiswa dalam proses KKN akan mempengaruhi proses penyelesaian studi ke depannya. Kalau belum melakukan KKN, maka tentunya akan sulit bagi mereka untuk melakukan penelitian dan ujian sarjana,” ujar Rektor.

Rektor mengimbau agar pihak fakultas terus memantau kegiatan perkuliahan di setiap prodi termasuk kegiatan KKN sehingga masalah tersebut dapat teratasi. Selain itu kata Rektor, pelaksanaan KKN di masa pandemi ini harus terus dikontrol terlebih dalam penerapan protokol kesehatannya.

“KKN Kali ini temanya cukup menarik, kita harus membangkitkan dan memberdayakan masyarakat, supaya menjadi masyarakat yang tangguh, tangguh disini berarti tidak putus asa menghadapi pandemi dan harus mampu menyesuaikan dan beradaptasi dalam kondisi yang tidak menentu seperti ini,” lanjut Prof Mahfudz.

Rektor berpesan kepada mahasiswa peserta KKN memanfaatkan momentum KKN untuk belajar di masyarakat dan memberi manfaat. Ketua panitia KKN 96, Dr Djamaludin Sakung, M.Si merincikan 1.376 mahasiswa peserta KKN terdiri dari 520 orang dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sosial dan Politik, 320 orang dari Fakultas Ekonomi, 161 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 81 orang dari Fakultas Hukum, 68 orang Fakultas Teknik, 63 orang Fakultas Pertanian, 62 orang Fakultas Kesehatan Masyarakat, 55 orang PSDKU Morowali, 32 orang dari Fakultas Peternakan , dan 10 orang fakultas MIPA.

“Lokasi KKN Angkatan 96 masih menyesuaikan dengan kondisi pandemi,dimana lokasi kegiatan bertempat di tempat domisili mahasiswa masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan 5 M,” ucap Jamaludin.

Pembekalan KKN angkatan 96 Untad rencananya akan dilaksanakan selama dua hari. Adapun pelaksanaan KKN akan dimulai pada 17 September dan berakhir pada 14 Oktober 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas