PENGERJANNYA DIPACU - Pekerja sedang mengerjakan pondasi pagar hunian tetap (Huntap) di Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa, Donggala, Senin 13 September 2021. Proyek ini akan diresmikan pada 28 September mendatang. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pembangunan hunian tetap (huntap) di Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala dikejar waktu. Rencananya huntap sebanyak 82 unit itu akan diresmikan Bupati Kasman Lassa pada 28 September mendatang.

Pembangunan huntap di Kelurahan Ganti itu awalnya akan dibangun sebanyak 100 unit. Tetapi kenyataan di lapangan yang terbangun hanya 82 unit.

“Kemarin memang akan dibangun 100 unit Huntap, tapi dibatalkan sekarang sisa 82 unit saja. Saya tidak tahu siapa yang batalkan,” kata pelaksana tugas pembangunan Huntap, Eko, pada Senin 13 September 2021.

“Total Huntap yang kami bangun (PT Waskita) 288 unit, dengan rincian, untuk Desa Loli I, sebanyak 27 unit huntap, Loli II sebanyak 32 unit huntap, Loli Dondo 37 unit, Wani 48 unit, dan Lambara 62 unit. Total semuanya 288 unit,” sebutnya lagi.

Eko menjelaskan dari beberapa titik lokasi pembangunan, pengerjaan Huntap di Kelurahan Ganti menjadi fokus utama. Karena huntap di lokasi ini akan diresmikan Bupati Donggala Kasman Lassa pada 28 September sekaligus memberikan kunci kepada para penyintas.

Untuk mengejar target penyelesaiannya, pihaknya memberlakukan penambahan jam kerja, karena mengingat durasi waktu dan progres pekerjaan baru mencapai 60 persen.

“Saat ini infrastruktur yang kurang hanya tangki air saja. Sedangkan untuk jalan, minggu ini kami akan lakukan pengecoran (rabat),” sebutnya Eko.

Ditambahkannya lagi untuk desa Loli pembangunan Huntap juga sementara berjalan, hanya saja persentasenya belum dilaporkan.

“Kami fokus di sini dulu pak (kelurahan Ganti) untuk desa Loli baru lima unit terbangun persentasenya belum kami ketahui, sedangkan di Wani tinggal tunggu atap seng,” pungaksnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas