H Rusdy Mastura. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat sudah banyak dikirim ke Provinsi Sulteng. Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura mengatakan, vaksin yang telah didistribusikan ke kabupaten dan kota segera dipakai agar sebaran vaksinasi kepada masyarakat meningkat.

Hal itu dikatakan Gubernur setelah menerima laporan Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, I komang Adi Sujendra tentang sebaran vaksinasi Covid-19 masing-masing kabupaten dan kota di Sulteng, pekan lalu (10/9).

Berdasarkan rilis dari Pusdatina Covid -19 Provinsi Sulawesi Tengah, data sebaran vaksin saat ini dapat digambarkan yang terendah Kabupaten Donggala Tahap I , 9,2 persen, Tahap II, 5,3%. Kabupaten Parigi Moutong Tahap I,  11,7 persen, Tahap II, 5,1 persen. Kabupaten Tojo Una Una Tahap I, 11, 7 persen, Tahap II, 6,5 persen.

Sementara tertinggi sebaran vaksin adalah Kabupaten Morowali Tahap I, 52,4 persen, Tahap II, 33,6 persen. Kota Palu Tahap I, 46,2 persen, Tahap II, 30,0 persen. Selanjutnya Kabupaten Buol Tahap I, 31,3 persen dan Tahap II, 18,0 persen. 

Kadis Kesehatan melaporkan bahwa vaksin dari pemerintah pusat telah didistribusikan ke seluruh daerah. Karena itu, Gubernur meminta agar segera dilakukan penyuntikan vaksin kepada masyarakat. ‘’Jangan sampai lama tersimpan vaksin di tempat penyimpangan,’’ kata Gubernur.

Gubernur kembali meminta agar bupati dan wali kota untuk terus melibatkan semua tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI, Polri, media dan tokoh pendidikan dan civitas kampus, untuk bersama-sama mensukseskan percepatan sebaran vaksin kepada masyarakat.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas