Universitas Tadulako. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

Palu,Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) kembali membuka pendaftaran wisuda. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr Ir H Munari ST SH MM, mengungkapkan pendaftaran wisuda yang dibuka untuk angkatan 107.

“Pendaftaran sudah dibuka sejak beberapa hari lalu secara online,” ungkapnya, Jumat, 10 September 2021.

Namun Munari menyebut belum bisa ditentukan untuk waktu pelaksanaan wisuda. Sebelumnya Munari mengungkapkan Untad masih mengupayakan pelaksanaan wisuda secara tatap muka. Kepastian pelaksanaan wisuda akan mengacu kondisi pandemi Covid-19 di daerah ini.

“Sekarang masih perpanjangan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) yang tentunya melarang kegiatan atau acara yang sifatnya menimbulkan kerumunan,” ungkap Munari, Kamis, 9 September 2021.

Jika situasi pandemi tak kunjung melandai, solusi lainnya melalui vaksinasi kepada semua calon wisudawan dengan harapan mendapatkan kelonggaran dari Satgas Penanganan Covid-19 daerah.

Dikatakan, saat ini wisuda Untad tertunda untuk angkatan 102 sampai 106 yang pendaftarnya telah mencapai sekitar 6.000 calon wisudawan. Olehnya dia mengimbau para calon wisudawan bersabar karena situasi yang belum memungkinan untuk pelaksanaan wisuda offline atau tatap muka.

“Mohon calon wisudawan bersabar karena memang situasi masih belum kondusif. Intinya kita menunggu,” ucap Munari.

Terkait pendaftaran wisuda yang telah dibayarkan calon wisudawan, Munari menjelaskan dana tersebut bukan untuk universitas melainkan dana alumni. Sementara untuk buku alumni dan plakat tetap akan diberikan kepada semua wisudawan.

“Termasuk yang pembayaran penyewaan baju dan toga wisuda bukan masuk ke kami, itu antara calon wisudawan dengan penyedia jasa penyewaan toga. Kalau mau diminta silakan berhubungan ke orang yang menyewakan,” jelasnya.

Menunggu kepastian pelaksanaan wisuda, Munari mengingatkan calon wisudawan angkatan 102-106 agar mengambil ijazah di BAKP. Calon wisudawan cukup membawa bukti telah terdaftar sebagai peserta wisuda.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas