RAKOR - Rapat koordinasi upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sigi, Selasa 7 September 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten Tolitoli kembali melanjutkan PPKM dengan menggunakan level situasi pandemi berdasarkan assesmen dengan kriteria Level 3 yang ditetapkan dengan Instruksi Bupati Tolitoli.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A Yacub menjelaskan mengatakan, Instruksi Bupati Tolitoli ini harus dipatuhi bersama jika ingin mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dia menjelaskan, Pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli sangat memahami bahwa kondisi ini sangat mambatasi beberapa hal terutama bagi masyarakat yang akan melaksanakan hajatan.

“Namun mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita semua harus secara sadar dapat menghentikan, menunda segala bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ujarnya.  

Perpanjangan PPKM juga dilaksanakan  di Kabupaten Sigi. Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi menyebut saat ini di Kabupaten Sigi angka kasus yang terkonfirmasi Covid-19 terus menurun. Meski demikian, kata dia Sigi masih tetap berada di level 3 penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Wabup Samuel saat mengikuti video conference rapat koordinasi upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sigi, Selasa 7 September 2021.

Menurut Wabup, dibutuhkan kerja keras dengan mempertahankan serta meningkatkan upaya yang sudah ada saat ini.  Ia berharap dalam evaluasi dua minggu ke depan Kabupaten Sigi bisa turun kelevel II sehingga ada kebijakan-kebijakan lain yang bisa ditempuh.

Kemudian kebijakan sebelumnya tidak akan dicabut seperti pemberlakuan jam malam yang tetap dilanjutkan termasuk ditingkat desa serta posko Covid-19 di desa yang diketuai oleh kepala desa. Adapun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sigi diperpanjang sampai tanggal 20 September 2021.

Reporter: Aco Amir/ Ariston Aporema Sorisi/ Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas