BERTEMU MENTERI - Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura (kiri) saat bertemu dengan Menteri Kopersi dan UMK, Tenten Masduki di Jakarta, Rabu 8 September 2021. (Foto: Admin Pimpinan)

Jakarta, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura walkout menemui sejumlah menteri. Rabu 8 September 2021, gubernur bersilaturahmi ke Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Pada pertemuan itu, Gubernur Rusdy menyampaikan perlunya penguatan Koperasi sebagai soko guru peningkatan ekonomi masyarakat.

“Lembaga Koperasi perlu diberikan pelatihan manajerial dan peningkatan lembaga koperasi yang berbasis digital,” kata gubernur.

Gubernur juga menyampaikan peningkatan peran koperasi untuk dapat terintegrasi dalam kegiatan agrobisbis, sehingga koperasi dapat berperan dalam peningkatan industri pertanian modern.

Gubernur berharap koperasi dapat mendorong masyarakat petani untuk memperluas area tanam dengan pemanfaatan lahan lahan perhutanan untuk peningkatan pertanian tanaman pangan. Koperasi berfungsi untuk membeli hasil produksi pertanian masyarakat, sehingga ada jaminan kepada masyarakat harga dan pembeli atau off taker hasil pertanian masyarakat.

Kedepan kata gubernur, koperasi dapat dibina untuk ikut berperan dalam pembinaan UMKM pada semua sektor ekonomi masyarakat, seperti petani tambak udang dan usaha lainny. Pembinaan yang diharapkan gubernur dari segi SDM dan peningkatan kapasitas permodalan koperasi.

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, mendukung gagasan yang disampaikan gubernur Sulawesi Tengah itu. Menteri juga menyampaikan akan segera menjadwalkan kunjungan kerja ke Sulawesi Tengah untuk mengetahui kondisi pengembangan koperasi di Sulawesi Tengah. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas