PELATIHAN - Sejumlah teknisi SD-MI di Palu saat mengikuti pelatihan teknis ANBK di salah satu Hotel di Palu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 60 teknisi sekolah jenjang SD dan MI se-Kota Palu mengikuti Pelatihan Teknis Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara luring yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu pada salah satu hotel di Palu belum lama ini.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Palu, Ambotuwo mengungkapkan, pelaksanaan pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga diselenggarakan secara tatap muka. Mengingat pelaksanaan assesmen berbasis komputer adalah hal baru dan perdana untuk jenjang SD.

“Kegiatan pelatihan tersebut telah mendapatkan izin dari Satgas Covid, Kepolisian, dan kelurahan, dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu seluruh peserta pelatihan telah melakukan swab terlebih dahulu,” kata Ambotuwo.

Ambotuwo mengatakan, kapasitas ruangan juga dibatasi sesuai dengan standarnya, hanya 50 persen saja, sekalipun sebenarnya ruangan itu mampu menampung sebanyak 180 orang, namun karena dalam kondisi Covid hanya diisi 60 orang.

“Kita melaksanakan ini secara luring karena memang tidak memungkinkan untuk didaringkan, karena bagi mereka ini perdana. Apalagi jenjang SD, berbasis komputer itu baru pertama kalinya akan mereka lakukan nanti, sehingga kita prioritaskan ini untuk SD, untuk tingkat SMP mereka sudah sering melaksanakan ujian yang berbasis komputer,” ujarnya.

Untuk itu, Ambotuwo berharap, melalui pelatihan tersebut para teknisi dapat memahami dengan baik seluruh materi pelatihan yang telah diberikan, sehingga pelaksanaan assesmen nantinya dapat berjalan lancar tanpa kendala.

“Semoga berjalan lancar dan dapat dipahami dengan baik untuk kelancaran pelaksanaan ANBK nantinya,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas