Rheychell. (Foto: Istimewa)
  • Pemilihan Dey Ante Yojo Tahun 2021

Palu, Metrosulawesi.id – Seorang siswi SMP Negeri 1 Palu bernama Rheychell, yang saat ini duduk di kelas VIII Tadulako berhasil meraih predikat Dey pada ajang pemilihan Dey Ante Yojo Tahun 2021.

Kepala SMPN 1 Palu, Farida Batjo, mengapresiasi prestasi yang diraih siswinya yakni predikat Dey (Putri Kaili).

“Alhamdulillah dalam keadaan pandemi saat ini, semangat siswa kami tidak surut meraih prestasi. Hal ini tentunya berkat dukungan orang tua, para siswa, guru, dan saya sendiri selaku Kepala Sekolah. Dukungan ini tentunya dapat mendorong siswa melahirkan prestasi terbaik,” kata Farida, di ruang kerjanya, Senin, 6 September 2021.

Farida mengaku, di ajang Dey Ante Yojo di tahun lalu, siswanya juga berhasil meraih juara namun di predikat Yojo, dan tahun ini sudah lengkap predikat Dey juga diambil oleh siswa SMPN 1 Palu (Spensa).

“Kami bangga saat Rheychell memperlihatkan kemampuannya dengan berani dan percaya diri, untuk tampil menggunakan pakaian daerah di ajang yang cukup mewah itu. Kami berharap bisa menjadi Putri Kaili yang mempunyai budaya dan etika yang baik,” ujarnya.

Farida menilai, wawasan Rheychell juga cukup baik, meskipun dirinya saat ini masih remaja, tetapi Rheychell memiliki semangat yang begitu membara.

“Saya tahu dalam kompetisi ini membutuhkan waktu yang panjang, tetapi dengan semangat dan dukungan, waktu itu dapat dilaluinya dengan berhasil melewati seleksi yang ketat. Sebab banyak saingan dari seluruh siswa SMP di Kota Palu,” ungkapnya.

Farida mengungkapkan, saat ini SMPN 1 Palu sedang menuju Adiwiyata Mandiri, sehingga di dalam sekolah yang sedang presiapan adiwiyata itu harus memiliki kader, yakni pertama harus memiliki Duta Lingkungan, Duta Baca, dan Duta Budaya.

“Olehnya itu saat ini kita sudah memiliki Duta Budaya. Rheychell inilah yang menjadi Duta Budaya, karena dari ajang Dey Ante Yojo siswa kami telah mengangkat budaya. Maka kami berharap Rheychell bisa menjadi Duta Budaya yang dapat menjadi contoh bagi teman-temannya,” jelasnya.

Menurut Farida, Duta Budaya ini sebagai tambahan dokumen untuk persiapan Adiwiyata Mandiri, dan akan berperan aktif dalam berbagai hal tentang lingkungan.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas