INTERNET DI DESA - Bupati Sofyan Kaepa secara simbolis serahkan BTS. (Foto: MetroSulawesi/ Purnomo Lamala)

Balut, Metrosulawesi.id – Bupati Banggai┬á Laut Sofyan Kaepa bersama Wakil Bupati Ablit H. Ilyas dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) menyerahkan bantuan internet di dua Kecamatan lima desa yakni Kecamatan Banggai Tengah Desa Monsongan, Gonggong dan Posos Lalongo, untuk Kecamatan Banggai Selatan Desa Bentean dan Kelapa Lima.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banggai Laut Surianto Supa mengatakan, bantuan internet ini pihaknya mengusul ke pemerintah pusat 100 titik namun yang diberikan baru 21 titik, yang tersebar di enam Kecamatan, yakni Kecamatan Banggai, Banggai Selatan, Banggai Utara, Bokan Kepulauan dan Labobo.

“Untuk Kecamatan Bangkurung akan menyusul,” kata Surianto.

Sementara itu, Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa mengatakan, bantuan ini seharusnya diberikan kepada dinas, namun untuk di dinas saat ini sudah ada wifi masing-masing, untuk lebih bermanfaat maka harus diberikan ke desa.

“Untuk dinas sudah ada wifi untuk apalagi dibantu,” ungkapnya.

“Lebih baik diserahkan saja di desa karena masyarakat juga butuh akses internet,” tambahnya.

Bupati menjelaskan Banggai Laut ini banyak pulau kecili dan terluar sehingganya bantuan internet ini sangat cocok untuk di desa.

“Jaringan internet ini bisa membuka wawasan dan mengakses informasi, apalagi sekarang semua informasi sudah tersaji online,” tuturnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan, percepatan infrastruktur digital menjadi fondasi utama untuk menghadirkan layanan digital dan mendukung transformasi digital sesuai program yang dicanangkan pemerintah pusat. Oleh karena itu, untuk memastikan pembangunan infrastruktur secara merata di semua level, pemerintah telah membuat proyek besar pembangunan infrastruktur internet di 12.548 desa yang belum terjangkau akses internet. Proyek ini ditunjang dengan pembangunan kabel serat optik (fiber optic) di darat dan di laut yang massif dilakukan. Semua ini ditargetkan selesai pada 2022.

Reporter: Purnomo Lamala
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas