BERI PENJELASAN - Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura memberikan penjelasan soal perkembangan kasus positif Covid-19 Sulteng di kantornya, Senin 6 September 2021. (Foto: Admin Pimpinan)
  • Gubernur: Jangan Lengah, Terus Patuhi Prokes

Palu, Metrosulawesi.id – Kasus positif Covid di wilayah Sulteng dalam beberapa hari belakangan ini terus menurun. Sementara angka kesembuhan sangat meningkat. Meski demikian, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura mengapresiasi penurunan kasus Covid tersebut.

“Bersyukur atas dukungan semua pihak, kasus konfirmasi positif Covid pada setiap kabupaten dan Kota Palu sangat drastis menurunnya dan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi. Terimakasih atas dukungan masyarakat, TNI, Polri, tokoh masyarakat, akademisi, media massa, atas kebersamaan semua elemen masyarakat penurunan kasus bisa kita capai saat ini,” kata gubernur di kantornya, Senin 6 September 2021.

Gubernur juga menyampaikan, menurunnya kasus Covid itu jangan membuat lengah dan lalai untuk terus mematuhi protokol kesehatan (prokes). Gubernur meminta agar seluruh elemen masyarakat lebih patuh terhadap protokol kesehatan.

Gubernur meminta distribusi vaksin sudah sangat besar datang di Provinsi Sulawesi Tengah, Gubernur meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk segera mendistribusi vaksin ke kabupaten dan Kota Palu agar dapat dilakukan penyuntikan vaksin kepada masyarakat, sehingga sebaran vaksin di Sulawesi Tengah bisa meningkat.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir juga mengapresiasi penurunan kasus Covid tersebut.

“Tetapi jangan sampai hal ini membuat kita semua menjadi lengah dan kita menjadi kendor melaksanakan protokol kesehatan,” katanya, Senin 6 September 2021.

Wagub mengatakan, pandemi Covid-19 telah menjadi bencana kesehatan dan kemanusiaan yang berimbas pada semua lini kehidupan manusia, berawal dari masalah kesehatan, dampak pandemi covid 19 telah meluas ke masalah sosial, ekonomi bahkan ke sektor keuangan.

“Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah agar kita bersama-sama dapat membendung penyebaran covid-19. Saya minta masyarakat disiplin mematuhi peraturan demi keselamatan kita semuanya, pemerintah akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk mengatasi penyebaran covid-19. seluruh aparat negara, TNI dan polri maupun aparatur sipil negara, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu-membahu, bekerja sebaik-baiknya untuk menangani wabah ini,” jelasnya.

Wagub meminta kepada seluruh masyarakat Sulteng untuk tetap tenang dan mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mendukung kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi covid 19.

“Dengan kerjasama yang baik dari kita semua dan atas ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yakin kita bisa menekan penyebaran covid 19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat,” harap Wagub.

Menyikapi kondisi yang akhir-akhir ini terus membaik, Ma’mun berpendapat harus dijadikan semangat semua pihak untuk terus menerapkan prokes demi terbebas dari Covid-19.

Ma’mun Amir mengimbau semua pihak dan masyarakat agar lebih patuh menerapkan prokes dalam setiap aktivitas dan kegiatan, demi optimalisasi pencegahan Covid-19.

“Pemerintah kabupaten dan Pemerintah Kota Palu harus terus mengendalikan mobilitas masyarakat dan meningkatkan penanganan penanggulangan COVID dengan baik,” ungkapnya.

Ma’mun Amir juga meminta setiap organisasi perangkat daerah untuk mengedepankan penanganan Covid-19 dan dampaknya, sehingga penanganan dapat berjalan serentak.

Terpisah juru bicara Pusdatina Provinsi Sulteng, Adiman menyebutkan bahwa kasus kumulatif positif Covid-19 pada Ahad 5 September di Sulteng sebanyak 43.707. Pada hari itu penambahan kasus sebanyak 145 kasus. Menurun dibanding penambahan pada Sabtu yang mencapai 281 kasus.

Sementara angka yang sembuh kata Adiman mengalami penambahan yang cukup signifikan. Pada Ahad lalu, pasien Covid yang sembuh sebanyak 298 orang. Sedangkan pada Sabtu sebanyak 549 orang.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas