LAPOR GUBERNUR - Wakil Wali Kota Palu (kedua dari kanan) saat menemui Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura guna melaporkan pemberlakuan lockdown mikro di kompleks perumahan dosen Untad bulan lalu. (Foto: Admin Pimpinan)
  • Covid Menurun, Reny Berharap Bisa Turun Level 3

Palu, Metrosulawesi.id – Angka positif Covid-19 di Kota Palu dalam dua hari terakhir mengalami penurunan. Sementara pasien Covid yang sembuh terus bertambah.

Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Adiman mengatakan, jumlah kasus Covid aktif pada Jumat 3 September 2021 lalu di Palu berada di angka 517 kasus.

“Sedangkan pada hari Sabtu kasus aktif berkurang menjadi 435 kasus. Mereka ada yang dirawat di rumah sakit ada pula yang isolasi mandiri,” kata Adiman kepada Metrosulawesi, Ahad 5 September 2021.

Penambahan angka penularan Covid di Kota Palu pun mulai menurun. Pada Jumat lalu angka penambahan sebanyak 58 kasus. Pada hari Sabtu penambahan menurun yaitu hanya 35 kasus baru. Pasien sembuh pun terus bertambah, jika pada Jumat hanya sebanyak 80 orang, maka pada hari Sabtu melonjak mencapai 118 orang.

Adiman berharap kondisi seperti itu terus ditingkatkan.

“Caranya masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan menjauhi kerumunan,” imbaunya.

Terkait dengan penurunan itu, Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido berharap agar status Kota Palu status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bisa turun dari level 4 ke level 3.

“Kami berharap tingkatan ini bisa turun, seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 di Palu,” katanya.

Seperti diketahui, PPKM Level 4 di Kota Palu sudah beberapa kali mengalami perpanjangan. Kali ini meskipun kasus Covid di Palu melandai, belum bisa dijadikan jaminan PPKM akan diturunkan ke level 3 atau tetap diperpanjang di level 4. Semua tergantung pada hasil evaluasi yang akan dilakukan pada Senin 6 September hari ini.

Sejak penerapan PPKM Level 4 beberapa waktu lalu, Pemkot Palu terus melakukan pencegahan dengan menerapkan zona merah di beberapa kelurahan dalam Kota Palu. Selain itu, Pemkot juga terus berupaya mendorong kegiatan vaksinasi Covid bagi warga kota. Pada Ahad 5 September kemarin misalnya, kegiatan vaksinasi dilakukan di Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore. Warga Kelurahan Lasoani antusias untuk mendapatkan vaksinasi Covid tersebut.

Reny mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya untuk mencapai target herd immunity di Kota Palu.

“Minimal warga Kota Palu terlayani vaksinasi sekitar 85 persen, syukur-syukur bisa mencapai angka 90 persen, oleh karena itu upaya ini terus digenjot termasuk edukasi vaksinasi itu sendiri,” kata Reny.

Ia pun tak bosan-bosannya mengimbau kepada masyarakat Kota Palu untuk terus menerapkan prokes, baik di lingkungan keluarga maupun ditempat kerja serta saat berinteraksi sosial di ruang publik.

“Memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas (5M) penting diterapkan, bila perlu protokol kesehatan ini dibudayakan,” pungkasnya.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas