TINJAU - Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, didampingi Bupati Sigi, Mohamad Irwan, saat meninjau lokasi banjir di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan. (Foto: Istimewa)
  • Gubernur Bakal Ajukan Permintaan ke Menteri PUPR

Sigi, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura meminta kepada Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), kiranya dapat membantu beberapa desa rawan longsor, berupa Sabo Dam, seperti yang telah dibangun JICA di beberapa desa di Sigi, kiranya dapat juga dibangun di Desa Rogo di Kecamatan Dolo Selatan dan Desa Beka di Kecamatan Marawola.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, didampingi Bupati Sigi, Mohamad Irwan, saat meninjau lokasi banjir di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kamis, 2 September 2021, untuk mengunjungi dan melihat situasi posko dan dapur umum di desa tersebut.

Dalam dialog tersebut, gubernur meminta Bupati Sigi agar mendampingi gubernur, Kamis depan, untuk menghadap Menteri PUPR, untuk menyampaikan permohonan pembangunan pemulihan bencana Sigi dan bencana Sulteng, dan juga pembangunan infrastruktur prioritas yang sudah direncanakan Pemerintah Provinsi Sulteng. 

Usai meninjau lokasi banjir, Gubernur Sulteng memberikan bantuan pribadi, peralatan masak untuk dapur umum, tabung gas, makanan siap saji, makanan anak, sembako, masker dan rapid antigen. Sementara itu, Bupati Sigi, Mohamad Irwan, menyampaikan beberapa hal kepada gubernur dan satuan kerja, untuk dapat membantu Pemkab Sigi dalam penanganan banjir dan pengurangan risiko bencana banjir, dengan membangun Sabo Dam atau pengendali saluran aliran air sungai, sehingga ke depan diharapkan tidak terjadi lagi banjir di beberapa desa di wilayah Kecamatan Dolo Selatan.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas