DI LOKASI BANJIR - Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura melihat peta Kabupaten Sigi saat meninjau lokasi banjir di Desa Rogo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Kamis 2 September 2021. Gubernur minta desa lainnya juga dibangunkan Sabo Dam. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura meminta Satker PJSA dan JICA untuk dapat membantu pembangunan Sabo Dam untuk beberapa desa yang rawan longsor di Kabupaten Sigi, seperti di Desa Rogo dan Beka.

Saat ini JICA telah membangun Sabo Dam di Desa Bangga dan Poi Kabupaten Sigi. Sabo dam itu sebagai upaya mencegah terjadinya longsor dan banjir.

“Saya minta Sabo Dam itu juga dibangun di sejumlah desa yang rawan longsor dan banjir,” kata Gubernur Rusdy di sela-sela kunjungannya di lokasi banjir di Desa Rogo, Kamis 2 September 2021.

Pada kesempatan itu, gubernur yang didampingi Bupati Sigi Irwan Lapatta sempat meninjau pembangunan Sabo Dam yang dibangun JICA di Desa Poi. Gubernur mendapat penjelasan dari pihak pengelola proyek soal progres pembangunan Sabo Dam tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir bandang yang melanda desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, adalah dampak curah hujan dengan intensitas tinggi hingga air meluap di sungai Rogo mengakibatkan tanggul jebol dan membawa material kayu serta batuan.

Dua jembatan sempat tak bisa dilewati karena tertutup batang-batang pohon dan material lainnya. Sementara ada kurang lebih 88 rumah warga terendam material lumpur dengan ketinggian berbeda-beda. Banjir lumpur tersebut merendam Dusun I dan IV.

“Kita imbau masyarakat tetap waspada dengan curan hujan yang masih tinggi,” ujar Kepala BPBD Provinsi Sulteng, Datu Pamusu. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas