HERD IMMUNITY - Tim Ahli Gubernur diterima Satgas Penanganan Covid-19 Sulteng. Mereka membahas target herd immunity. (Foto: Admin Pimpinan)
  • Tinggal Empat Daerah Zona Merah Covid

Palu, Metrosulawesi.id – Angka kasus positif Covid-19 di Sulteng menurun. Diikuti dengan mulai berkurangnya status zona merah. Hingga saat ini tinggal ada empat daerah yang berstatus zona merah.

Juru bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Adiman mengatakan, dari 13 kabupaten dan kota di Sulteng, tinggal ada empat daerah yang masuk dalam zona dengan risiko tinggi penularan dan penyebaran Covid-19.

“Keempat daerah itu, yakni: Kota Palu, Kabupaten Poso, Banggai dan Sigi,” kata Adiman, Kamis 2 September 2021.

Sembilan daerah lainnya masuk zona oranye (zona dengan risiko sedang penularan dan penyebaran Covid-19). Sembilan daerah itu, yakni: Bangkep, Balut, Buol, Donggala, Morowali, Morut, Parimo, Touna dan Tolitoli.

Data yang diperoleh dari Pusdatina Covid Sulteng menunjukkan, total kasus Covid-19 hingga Selasa 1 September 2021 tercatat sebanyak 42.765 kasus. Dari jumlah itu, 36.072 orang berhasil disembuhkan. Sementara, sebanyak 1.373 orang meninggal. Sampai Selasa, ada sebanyak 5.320 pasien Covid menjalani isolasi mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan.

Kasus aktif Covid terbanyak di Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 695 kasus, disusul Kabupaten Poso 656 kasus. Selanjutnya Kota Palu 577 kasus. Kabupaten Tojo Unauna 542 kasus.

Adiman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas di luar rumah agar tidak terpapar,” katanya.

Sementara itu, Tim Ahli Gubernur dan Satgas Covid membahas langkah-langkah mengejar target herd immunity Sulteng melalui peningkatan secara agregat vaksinasi.

Tim Ahli Gubernur terdiri atas: Atha Mahmud, Andik , Ir. Dharma Gunawan, Rahmad Arsyad dan Husni Alwi, mengunjungi Tim Koordinasi Penanganan Covid-19. Mereka diterima Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sulteng, Adiman dan Kabid Bencana Andi Sembiring.

Adiman mengatakan, selain fokus pada penanggulangan hulu, Tim Ahli Gubernur juga membahas dua skema penanganan Covid-19, rem dan gas.

“Rem artinya bagaimana menyiasati peningkatan mobilitas di daerah zona merah dengan gas melalui akselerasi ekonomi lewat sejumlah program,” kata Adiman. 

Posisi Sulteng sekarang adalah mengupayakan vaksinasi luas mengejar target kekebalan komunal 70 persen. Saat ini, vaksinasi di pemerintah Sulteng telah mencapai 18 persen dan Kota Palu berada di angka tertinggi hampir 50 persen dari total populasi. 

“Prioritas gubernur adalah meningkatkan kekebalan komunal sebagai tahap akhir berakhirnya pandemi,” pungkasnya.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas