ILUSTRASI - Swab terhadap warga. (Foto: Ist/ Viva)

PALU, Metrosulawesi.id – Jumlah tambahan harian pasien yang sudah pulih dari virus Corona atau Covid-19, di Sulawesi Tengah (Sullteng) setiap harinya melebihi jumlah pasien baru terkonfirmasi Corona.

            Data terbaru yang di release Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng melalui laman resminya https://dinkes.sultengprov.go.id, per Kamis 2 September 2021, pukul 15.00 WITA, menyebutkan ada tambahan 543 pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19.

            Dengan tambahan itu, maka warga Sulteng yang sembuh dari Corona sejak awal merembaknya di medio Maret 2020, hingga kini berjumlah 36.615 orang. Ada kenaikan dari jumlah sebelumnya, dimana komulatif pasien sembuh dari Corona, Selasa (1/9/2021) berjumlah 36.072 orang.

            Masih data yang di release Dinkes Sulteng, hari ini kasus pasien baru terinfeksi Corona ada tambahan seebanyak 285 orang, sehngga total yang terpapar Covid-19 di Sulteng, kini menjadi 43.050 orang.

            Sementara kasus kematian diakibatkan terpapar Corona hari ini bertambah 15 korban. Total warga Sulteng tutup usia akibat tertular Corona kini berjumlah 1.388 jiwa.

            Kabupaten Poso dan Banggai melaporkan terbanyak adanya pasien Covid-19 yang sembuh. Kedua kabupaten itu menyumbang pasien sembuh di atas angka 100. Poso dengan 127 orang sembuh, sedangkan Banggai tercatat 101 pasien sembuh dari Corona.

            Berikutnya terbanyak pasien sembuh ada di Sigi dengan 82 orang, disusul Kota Palu dengan 78 pasien sembuh. Di Morowali tercatat 34 orang, Parigi Moutong (Parimo) dengan 24 orang, dan Buol dengan 19 orang sembuh.

            Tiga kabupaten yakni Banggai Kepulauan (Bangkep), Morowali Utara (Morut), dan Toli-Toli masing-masing melaporkan ada 17 pasien sembuh dari Corona. Lalu, di Tojo Una Una 14 pasien sembuh, serta Donggala delapan orang, dan lima pasien sembuh lainnya dilaporkan Banggai Laut (Balut).

Sumber Pusdatina Covid-19 Sulteng.

            Sebaran tambahan harian pasien baru terinfeksi Corona, terbanyak ada di Poso dengan 54 orang. Disusul berturut-turut Parimo 47 orang, Kota Palu 43 orang, dan di Buol bertambah 40 pasien baru positif.

            Selanjutnya, di Sigi terdapat 25 pasien positif,  Donggala 15 orang,  Morut 13 orang, serta di Bangkep 12 pasien baru positif.  Tojo Una Una melaporkan ada tambahan delapan pasien positif, Toli-Toli enam orang, dan di Morowali bertambah dua orang positif.

            Kasus kematian diakibatkan Covid-19 terbanyak ada di Parimo dengan lima korban. Berikutnya Kota Palu dan Poso masing-masing dua pasien meninggal. Enam kabupaten masing-masing melaporkan ada satu pasien tutup usia akibat Corona, yakni Banggai, Donggala, Morut, Sigi, Tojo Una Una dan Toli-Toli.

            Pasien aktif Covid-9 saat ini berjumlah 5.047 orang. Pasien aktif adalah pasien yang terpapar positif Corona dan kini masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan isolasi mandiri.

Dari jumlah pasien aktif Covid-19, 483 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan Isolasi Terpusat, sedangkan 4.564 orang memilih menjalani perawatan secara Isolasi Mandiri.

Sementara itu, UPT Laboratorium Dinkes Sulteng, per hari Kamis (2/0/2021) masih memeriksa 543 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas