Irfa Ampri. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Provinsi Sulawesi Tengah meminta Pemerintah daerah di Sulteng agar lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang hingga kini terus didorongbuntuk lebih gencar memunculkan sumber penghasilan daerah.

Pasalnya, saat ini, PAD Sulteng masih terlampau jauh jika dibandingkan dana transfer dikelolah dari APBN. Di mana hingga kini Pemerintah dituntut mencari formulasi guna memberikan impact terhadap peningkatan PAD tersebut.

Kepala Perwakilan Kemenkeu di Provinsi Sulteng, Irfa Ampri mengatakan bahwa sejatinya pergerakan pemasukan daerah di triwulan II 2021 sudah meningkat dibandingkan tahun lalu. Namun, besaran yang dihasilkan masih sangat kurang.

“Perlu adanya dorongan sektor-sektor yang dinilai masih ‘tidur’ seperti sektor pertanian dan sektor-sektor lain yang lebih potensial. PAD Sulteng memang sudah mengalami peningkatan di triwulan II 2021 dibandingkan dengan triwulan II 2020,” ujarnya belum lama ini.

Dirinya mengungkapkan pada triwulan ll Sulteng telah merealisasikan sebesar Rp917 miliar. Sedangkan, ia menyebutkan di tahun sebelumnya kurang lebih mencapai Rp896 miliar.

“Namun kalau kita membandingkan dengan pendapatan transfer APBN, itu masih sangat terlampau jauh, hanya sekitar 15 persen dari pagu APBN sebesar Rp16 triliun, 8 persen dari APBN yang dikelola,” katanya.

Pihaknya meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih berperan aktif dalam hal lintas sektor yang harus dikebut dengan upaya kolaboratif guna mendukung percepatan ekonomi khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Seperti dari sektor perumahan, Industri Jasa Keuangan (IJK), pertanian, sektor pariwisata, sektor perikanan kelautan, sektor UMKM, perpajakan, dan masih banyak lagi. Semua akan kami coba untuk memperkuat fiskal daerah,” tuturnya.

“Sehingga nantinya akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat dan juga menekan angka pengangguran dan masyarakat miskin di Sulteng,” tambah Irfa Ampri.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas