KEPEDULIAN NASDEM - Sejumlah kader Partai Nasdem Sulteng membantu membersihkan salah rumah korban banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo, Sigi, Kamis 2 September 2021. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id Anggota Komisi I DPRD Sigi dari Fraksi NasDem, Abdul Rahman mengatakan, satuan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sigi harus membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat yang memiliki unit tanggap bencana. Demikian dia katakan di lokasi banjir bandang Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, saat bergabung bersama Tim Rescue DPW NasDem Sulteng, Kamis 2 September 2021.

Kata Rahman, di wilayah Kabupaten Sigi terdapat banyak titik rawan bencana alam, bahkan di sejumlah desa setiap musim hujan selalu terjadi banjir ketika turun hujan.

“Di Desa Rogo ini dan di titik sini pula tahun lalu juga terjadi banjir, tapi banjir tahun lalu tidak sebesar yang terjadi pada Minggu 29 Agustus 2021,” katanya.

Kata Rahman, komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat yang memiliki unit tanggap bencana, tidak hanya bermanfaat untuk berbagi informasi saat terjadi bencana, tetapi juga bisa untuk bekerjasama dalam program kerja.

“Misal, kerjasama itu bisa dimaksimalkan untuk mengedukasi masyarakat di daerah rawan bencana, tentang bagaimana seharusnya masyarakat saat terjadi bencana,” imbuhnya.

Dia menambahkan, belajar dari banjir bandang di Rogo, sangat banyak kelompok masyarakat yang datang untuk membantu korban, baik bantuan dalam bentuk logistik maupun datang untuk membersihkan material di rumah-rumah warga.

Ketua DPW NasDem Sulteng, Atha Mahmud mengaku mendukung pernyataan Abdul Rahman. Atha juga minta kepada seluruh anggota Fraksi NasDem di DPRD Sigi untuk lebih progresif terkait dengan bencana banjir yang terjadi di Desa Rogo.

“Saya rasa itu ide yang bagus, karena dari komunikasi dengan seluruh unsur masyarakat itu bisa dibuat satu konsep penangangan bencana yang baik,” ujarnya. (*)

Ayo tulis komentar cerdas