Rustam Efendi. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Donggala Bakal Punya Pelabuhan Baru

Donggala, Metrosulawesi.id – Kabupaten Donggala bakal punya pelabuhan baru. Tak tanggung-tanggung, proyek pelabuhan yang pembangunanya akan dimulai November mendatang itu bakal menyerap anggaran sebesar Rp450 miliar, bantuan langsung dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk menunjang percepatan proyek strategis nasional, sangat penting didukung. Khusus Donggala, Kementerian Perhubungan akan membangun pelabuhan, anggarannya Rp450 miliar,” kata Sekda Kabupaten Donggala Rustam Efendi, Rabu 1 September 2021.

Pelabuhan baru tersebut, akan dibangun di lokasi Anjungan Gonenggati di Kelurahan Kabonga Kecil. Anjungan Gonenggati berada di bagian selatan, jaraknya sekitar dua kilometer dari pelabuhan lama Donggala.

Pemkab Donggala tidak akan menyia-nyiakan rencana Kementerian Perhubungan itu. Pemkab Donggala menyambut baik, dengan tetap memperhatikan kehatian-hatian. Salah satunya memperhatikan lahan yang akan dijadikan tempat pelabuhan tersebut.

“Pemkab akan mempercepat proses hibah lahan bangunan. Sekaligus membicarakan dokumen terhadap pelaku usaha yang berada di wilayah anjungan,” katanya.

“Sesuai jadwal, Kemenhub akan action bulan November. Pemda diminta menyiapkan dokumen masyarakat terdampak pembangunan pelabuhan. Mereka pedagang mau direlokasi. Untuk pedagang di anjungan kita yang fasilitasi, membangun kembali warungnya dengan rapi,” jelasnya.

Rustam mengatakan, persoalan lahan harus disikapi secara hati-hati. Rustam mengaku, sudah meminta pendapat hukum dari Kejati Sulteng.

“Satu kesyukuran lahan yang dijadikan pembangunan pelabuhan tidak masuk dalam wilayah temuan BPK,” bebernya.

“Luas lahan pembangunan Pelabuhan Donggala di anjungan itu sebesar 12 hektar dan pembangunannya ditarget selesai bulan April tahun 2023,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas