Personel Satlantas Polres Palu, saat melaksanakan patroli. (Foto: Dok. Polres Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam menekan terjadinya angka kecelakaan di jalan raya khususnya pada malam hari, jajaran Satlantas Polres Palu gencar melaksanakan kegiatan Patroli dengan pergerakan mobil patroli sinar biru atau Blue Light Patrol (BLP).

Seperti yang terlihat pada Minggu malam, 29 Agustsus 2021, di beberapa wilayah di Kota Palu, salah satunya di wilayah Jembatan Palu V, Jalan Lalove, Kota Palu.

Kasat lantas AKP M.Nai, kepada wartawan Metrosulawesi, Selasa, 31 Agustus 2021, menjelaskan dinamakan patroli sinar biru atau BLP karena dari mobil patroli polisi mampu menyalakan sinyal sorot putus-putus sinar berwarna biru, yang bila perlu dapat dibarengi dengan raungan bunyi sirine.

“Ini upaya menekan kecelakaan di jalan, sekaligus sebagai kiat cipta kondisi dalam kelancaran arus lalulintas dan antisipasi terjadinya kejahatan jalanan di wilayah hukum Polres Palu,” ujarnya.

“Patroli itu dilaksanakan di sepanjang jalur rawan laka lantas khususnya di waktu petang sampai menjelang tengah malam, selagi situasi arus lalu lintas ramai di jalanan,” tambahnya.

M.Nai juga mengatakan, kegiatan patroli ini diharapkan dapat mengantisispasi adanya aksi balap liar yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

“Untuk titik lokasi patroli biru yakni di depan Jalan Sudirman, Jembatan Palu V, kawasan perbelanjaan, dan jalan poros Kota Palu,” jelasnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas