Kadis Dikbud Sulteng H Irwan Lahace menyampaikan sambutan dalam acara memasuki masa purna tugas sebagai ASN di ruang kerjanya, Senin (30/8). (Foto: Adm Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng Drs H Irwan Lahace, M.Si telah memasuki masa purna bakti alias pensiun sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada Senin, 30 Agustus 2021.

Memasuki masa purna bakti dibuat acara sederhana di ruang kerjanya yang dihadiri Plt Sekdaprov Sulteng, Mulyono. Saat itu Irwan melepas seragam dinasnya dan menggantinya dengan pakaian batik motif Donggala.

Selain itu pelepasan atribut tanda pangkat oleh Plt Sekdaprov. Kemudian Irwan menyerahkan kunci mobil dinas (Mobnas) kepada Mulyono.

Irwan Lahace mengawali sambutan tentang wabah covid yang mengharuskannya senantiasa berpikiran kreatif. Dalam kesempatan itu Irwan mengapresiasi kepada 400 orang rekan guru, 5.000 orang staf ASN dan 7.000 orang honorer lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Apresiasi juga disampaikan kepada panitia karena dirinya yang memasuki masa purna bakti dirangkaikan dengan karya terakhir program peluncuran aplikasi ASN Smart.

Asrul, salah satu pejabat eselon III lingkup Dinas Dikbud Sulteng menyampaikan kesan selama Irwan Lahace menjabat sebagai kepala dinas.

“Selama kepemimpinan banyak suka dan duka dalam membesarkan organisasi pendidikan. Kepemimpinan yang kami rasakan pada satu sisi beliau betul-betul menempatkan diri sebagai pimpinan tapi pada sisi yang lain juga menempatkan diri sebagai teman yang tidak ada sekat antara pimpinan dan kita bebas mengutarakan aspirasi,’’ kata Asrul.

Menurutnya, sebagai pimpinan, beliau menyampaikan keputusan secara tegas dan harus dilaksanakan. Kemudian di satu sisi sebagai orang tua.

“Selama ini, hampir benar-benar kita leluasa bekerja, bebas mengeluarkan pikiran dan sebagainya, dalam berinteraksi sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, kami atas nama teman-teman mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan,” katanya. (sya/*)

Ayo tulis komentar cerdas