Menko Airlangga Hartato (tengah) saat melakukan kunjungan di Kota Palu, belum lama ini. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Berdasarkan data realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Provinsi Sulawesi Tengah terhitung sejak Januari 2021 sampai dengan 23 Agustus 2021 telah mencapai Rp1,96 triliun yang diberikan kepada 51.539 debitur.

Sedangkan, untuk porsi penyaluran KUR di wilayah Sulteng selama tahun 2021 per sektor terbesar disalurkan pada sektor perdagangan (41,92%) dan disusul sektor pertanian, perburuan dan kehutanan (39,67%), serta jasa-jasa (10,49%).

“Pemerintah berharap dalam penanganan pemulihan ekonomi ini KUR bisa terus didorong. Apalagi Provinsi Sulawesi Tengah potensi hortikulturanya luar biasa,” kata Menko Airlangga saat melakukan kunjungan di Kota Palu belum lama ini.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan salah satu andalan bagi perekonomian di Sulawesi Tengah. Ia mengungkapkan hal tersebut sejalan dengan penyaluran KUR pertanian jagung di provinsi sejak Januari sampai dengan 23 Agustus 2021.

Dengan begitu, kata Airlangga Hartarto, KUR mencapai Rp36,05 miliar rupiah yang disalurkan kepada 1.662 debitur. Sementara itu, dirinya menyebutkan ada tiga daerah tertinggi yang menerima KUR di Sulawesi Tengah.

“Yakni Kabupaten Buol (16,1 miliar rupiah), Kabupaten Parigi Moutong (4,01 miliar rupiah), dan Kabupaten Banggai (3,06 miliar rupiah),” ungkap Airlangga Hartarto.

Iskandar Simorangkir selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen mengoptimalkan penyaluran KUR bersama stakeholders dam lembaga penjamin.

“Khusus pertanian jagung, secara nasional KUR sejak Januari 2021 sampai dengan 23 Agustus 2021 telah mencapai Rp1,76 triliun rupiah yang disalurkan kepada 72.070 debitur,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan agar Pemerintah Daerah serta Lembaga Penyalur KUR dan Penjamin KUR dapat turut mendorong penyaluran KUR dalam rangka untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Di mana pemerintah terus mendukung UMKM agar bisa bangkit dan tetap eksis di tengah pandemi.

“Jadi, Pak Gubernur, dari ini banyak yang bisa didorong melalui KUR. Dengan demikian banyak masyarakat bisa memanfaatkan,” pungkas Airlangga Hartarto.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas