REKONSTRUKSI - Pihak penyidik Sat Reskrim Polres Palu, saat melaksanakan rekonstruksi pembunuhan di Taman Ria. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Rekonstruksi Pembunuhan di Taman Ria Palu, Sajikan 27 Adegan

Palu, Metrosulawesi.id – Penyidikan kasus penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya seorang wanita berinisial NH, yang mayatnya di temukan di Jalan Cumi-cumi, Wilayah Taman Ria, Kota Palu, pada 28 Mei 2021 lalu, memasuki babak rekonstruksi, yang di laksanakan pada Senin 30 Agustus 2021.

Rekonstruksi yang menghadirkan tersangka AH alias ANIS(54), dilaksanakan di tiga lokasi yang berbeda, dengan pengawalan ketat petugas bersenjata laras panjang.

Dalam reka ulang itu tersangka memperagakan adegan demi adegan, yang berjumlah 27 adegan, dan dalam adegan yang ke 21, penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam jenis Kapak itu diperagakan oleh tersangka.

Adegan, dimulai saat tersangka AH alias Anis yang bertemu dengan korban NH, di seputaran pasar Inpres Manonda Palu, dan belanjut tersangka dan korban menuju TKP pembunuhan di jalan Cumi-cumi, di sekitar Taman Ria Kota Palu.

Dilokasi tersebut terjadi cekcok mulut antara tersangka dan Korban, yang mana korban meminta pertangghung jawaban terhadap tersanka, karena korban mengakui sedang hamil, buah dari hubungan terlarang antara korban dan tersangka.

Selanjutnya, adegan ke 21, tersangka menganiaya korabn dengan menggunakan kapak, yang mana tersangka memukul kepala korban sebanyak tiga kali, hingga korban tewas di tempat kejadian.

“Dalam rekontruksi ini, diperagakan 27 adegan, dan tersangka sendiri yang memeragakan, sementara untuk saksi yang di lapangan juga kami hadirkan,” jelas Kasat Reskrim Polres Palu, AKP. Sigit Suhartanto SIK, kepada Wartawan Metrosulawesi, usai gelar rekonstruksi.

Sigit juga menjelaskan, dari ke semua adegan yang dilakukan tersangka, ada beberapa adegan yang sempat diulang, karena diadegan itu hanya tersangka sendiri yang mengetahuinya.

Sigit menjelaskan, dalam rekonstruksi ini pihaknya bersama dengan pihak kejaksaan dan pengacara sepakat melaksanakan langsung rekonstruksi di TKP (tempat kejadian perkara).

“Untuk tersangka, dikenakan pasal 340, pembunuhan berencana,” tutupnya.

Seperti yang di berikan sebelumnya, setelah dua bulan  Tim Tadulako Sat Reskrim Polres Palu dan Tim Scorpion Jatanras Krimum dan Ciber Krimsus Polda Sulteng, berhasil mengungkap dan menangkap AH alias Anis, di Wilayah Pengawu, Kota Palu. AH alias Anis, merupakan pelaku pembunuhan terhadap NH, dengan menggunakan kapak.Jenazah NH, ditemukan pertama kali oleh warga yang melintas di seputana tanggul di jalan Cumi-cumi, Wilayah Taman Ria, Kota Palu.

Reporter: Djunaedi – Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas