Reny Lamadjido. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, mengungkapkan keinginan agar Kota Palu bisa turun dari PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 4 turun minimal level 3.

“Insyaallah, dengan doa kita bersama PPKM Kota Palu dari level 4 sampai 6 September, nanti mulai turun di level 3,” ungkapnya saat menghadiri peletekan batu pertama pembangunan gedung Kantor Imigrasi Palu, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Reny mengaku dengan latar belakang kesehatan sebagai dokter akan merasa miris jika Kota Palu tidak bisa turun menjadi PPKM level 3. Olehnya ia mengharapkan peran semua pihak dan elemen masyarakat untuk mendukung kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

“Ini tidak bisa pemerintah kota laksanakan sendiri, kita harus bersama-sama bergandengan tangan dengan seluruh instansi, baik kota, provinsi maupun instansi vertikal,” ujar Reny.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng itu juga meminta maaf dengan adanya pembatasan-pembatasan selama PPKM. Demikian pula kebijakan lock mikro efektif (LME) di sejumlah kecamatan/kelurahan.

Menurutnya, langkah tersebut terpaksa dilakukan demi mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Palu. Diakui kebijakan tersebut menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

“Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, Kota Palu harus melaksanakan lock mikro efektif,” ucap Reny.

Dikatakan, langkah memberlakukan LME mendapat apresiasi dari Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato, yang juga selaku komandan PPKM luar pulau Jawa-Bali. Apresiasi tersebut disampaikan Airlangga saat kunjungan kerja ke Palu. pekan lalu.

Diketahui, dalam kunjungannya ke Kota Palu, Menko Airlangga meninjau langsung Kampung Tangguh yang berada di RT 02, RW 04, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Jumat, 27 Agustus 2021. Wilayah tersebut melakukan penanganan pandemi Covid-19 dengan sangat baik sejak Juni 2020.

Selain itu, Airlangga Hartarto sekaligus juga memberikan bantuan berupa paket sembako, masker serta motor sampah untuk warga Kampung Tangguh yang secara simbolis diterima oleh Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas