Wakil Gubernur Sulawesi Tengah , Drs. Ma'mun Amir, didampingi Plt. Kepala Bappeda , Dr. Suandi, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Mohammad Nizam ,  melakukan kunjungan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Pengendalian Lingkungan Hidup dan Dinas  Pangan , Kamis , 26 Agustus 2021. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Capaian program harus menjadi perhatian serius oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) meski di masa Pandemi Covid-19. Demikian antara lain penekanan Wagub Sulteng H Ma’mim Amir dalam kunjungan ke tiga OPD lingkup Pemprov Sulteng, Kamis (26/8).

Ketiga OPD yang dikunjungi masing-masing Dinas Pemuda dan Olah Raga, Dinas Pengendalian Lingkungan Hidup, dan Dinas Pangan Sulteng.
Wagub mengatakan, capaian program dan kegiatan pemerintah daerah sangat berdampak pada pembangunan dan pertumbuhan perekonomian daerah.

Wagub selalu menekankan dalam pelaksanaan program dan kegiatan selalu mengutamakan efesiensi dan efektivitas.

‘’Saya selalu menekankan untuk melaksanakan kegiatan dengan lebih efisien dan efektif,’’ kata Wagub.

Dalam pertemuan dengan jajaran Dinas Pemuda dan Olah Raga Sulteng, Wagub menyimak pemaparan tentang pra rencana pembangunan stadion olah raga dan sarana pendukung untuk persiapan Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah pelaksanaan PON Tahun 2024.

Wagub meminta agar disiapkan secara serius Sulawesi Tengah menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan PON Tahun 2024.

“Saya minta usulan pembangunan stadion olah raga dan sarana pendukungnya dipersiapkan dan diusulkan mana kegiatan yang didukung pemerintah pusat dan mana yang dibangun daerah sehingga peran pemerintah daerah juga merupakan tanda keseriusan Sulawesi Tengah menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan PON Tahun 2024,’’ kata Wagub.

Selanjutnya Wakil Gubernur berkunjung ke Dinas Pengendalian Lingkungan Hidup (DPLH). Pada kunjungan tersebut Ma’mun Amir menyampaikan agar DPLH memberikan dukungan perizinan kajian lingkungan pembangunan stadion olah raga.

Wagub mengatakan perlunya pembentukan bank sampah serta daur ulang sampah yang terkumpul agar memberi manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Sedangkan terkait perizinan, Wagub meminta ada kemudahan dari DPLH namun harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku .

Di Dinas Ketahanan Pangan Sulteng, Wagub berpesan agar kualitas ketahanan pangan terus ditingkatkan. Dinas itu juga perlu melakukan pembinaan terhadap UMKM yang bergerak di bidang pangan.

Wakil Gubernur menekankan bahwa program prioritas yang diusulkan semuanya untuk percepatan pencapaian visi dan misi gubernur dan wakil gubernur yang sudah dituangkan dalam RPJMD. Sehingga program dan kegiatan prioritas diharapkan untuk mempercepat menurunkan angka kemiskinan dan angka pengangguran, menurunkan angka stunting, pendidikan gratis, peningkatan infrastruktur melalui perwujudan program 100 M/Tahun untuk masing-masing Kabupaten dan kota. (*)

Ayo tulis komentar cerdas