Soim Anwar. (Foto: Ist)
  • MAN IC Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cedekia (IC), walaupun di masa pandemi Covid-19 tetap melaksanakan ajang Insan Cendekia Competition (ICOM) tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh siswa MA se-Indonesia secara daring.

Menurut Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, pelaksanaan ICOM tahun ini didukung langsung Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Uno, sehingga pada Menpar RI langsung membuka kegiatan ICOM secara daring, yang dihadiri juga Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mum Amir.

Soim mengaku sangat bangga dengan seluruh panitia yang terdiri dari para siswa yang bisa melaksanakan ICOM tingkat nasional, dengan menghadirkan sejumlah pejabat penting negara.

“Kegiatan ini sudah kami laporkan dengan tim Satgas Kota Palu. Makanya siswa yang datang hanya 50 orang tidak boleh lebih. Sementara seluruh proses lombanya akan dilaksanakan secara daring, yang sudah disiapkan peserta,” jelas Soim, melalui ponselnya, belum lama ini.

Soim juga mengatakan, pihaknya juga mendapat berkah, karena meskipun dalam masa pandemi ini bisa melaksanakan ICOM tingkat nasional secara daring. Sebab seperti tahun sebelumnya, hanya bisa melaksanakan ajang di tingkat provinsi, karena untuk peserta dari daerah lainnya tidak bisa hadir.

“Ajang ICOM ini sangat penting untuk dilaksanakan para siswa karena banyak memberikan manfaat. Selain itu juga siswa bisa mengukur prestasi melalui ajang ini, sehingga mereka juga sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi seluruh pemenang lomba,” ujarnya.

Kata Soim, Menteri Pariwisata di pembukaan telah menyampaikan, Indonesia nantinya akan mencapai puncak bonus demografi pada 2045 dimana populasi akan didominasi oleh usia produktif.

“Hal ini perlu kita antisipasi dengan melakukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan, baik melalui pelatihan, pendidikan, hingga kompetisi untuk membangun generasi yang unggul,” kata Soim, usai menyimak sambutan dari Menpar RI secara virtual.

Soim mengatakan, dengan ICOM tingkat nasional 2021 sangat memberikan banyak manfaat buat seluruh generasi untuk pembangunan Indonesia.

“Olehnya itu Menpar RI memiliki pandangan yang sama bahwa untuk membangun SDM di Indonesia perlu didasari oleh pola pikir yang positif, kreatif, dan inovatif sehingga mampu menjaga motivasi dan semangat dalam menyambut peluang dan tantangan di masa akan datang,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas