Wagub H Ma’mun Amir mengikuti Rakor TPID secara virtual dari ruang Vidcon Kantor Gubernur Sulteng, Rabu (25/8). (Foto: Admin Pimpinan)
  • Ikut Rakor TPID Virtual Bersama Presiden

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Gubernur (Wagub) H Ma’mun Amir mengikuti Rakor TPID secara virtual yang dibuka Presiden Joko Widodo, Rabu (25/8). Dalam rapat tersebut Wagub mengungkapkan program Pemerintah Provinsi Sulteng yakni Rp100 100 miliar setiap kabupaten setiap tahun.

Mulanya Wagub menyampaikan capaian pertumbuhan ekonomi Sulteng. Katanya perekonomian Sulawesi Tengah dapat tumbuh sebesar 8,5 persen meski di masa pandemi Covid-19. Wagub kemudian memastikan pertumbuhan ekonomi dapat meningkat lagi dengan program visi dan misi gubernur dan wakil gubernur yakni Rp100 M/Tahun /Kabupaten dan Kota.

‘’Karena program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, pemerataan pembangunan dan peningkatan infrastruktur daerah,’’ kata Wagub.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu menyampaikan beberapa hal antara lain: 

  1. Presiden RI meminta kepada menteri, gubernur, bupati dan wali kota agar dapat terus menjaga stabilitas harga sebagai pilar untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mampu belanja .
  2. Presiden RI meminta untuk mendorong peran UMKM pangan melalui optimalisasi digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi dan stabilitas harga pangan.
  3. Perekonomian negara kita saat ini membaik bisa tumbuh sebesar 7,7 persen dan inflasi sebesar 1,52 persen. Tetapi inflasi yang terlalu rendah juga dapat menimbulkan dampak yang kurang baik karena bisa melemahkan daya beli masyarakat.
  4. Agar menjaga terus ketersediaan stok pangan nasional , stok kebutuhan pokok dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian , agar dipastikan di lapangan stok pangan dan stok kebutuhan pokok masyarakat. (*)

Ayo tulis komentar cerdas