PEMBUKAAN - Dekan Dr Amiruddin Kade didampingi Wakil Dekan Dr Nurhayadi, Abdul Kamaruddin Ph.D dan Dr Iskandar saat membuka PKKMB FKIP Untad secara daring, Kamis, 26 Agustus 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Lulusan FKIP Tak Harus Jadi Guru

Palu, Metrosulawesi.id – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021-2022 secara daring. PKKMB FKIP Untad berlangsung selama dua hari Kamis-Jumat, 26-27 Agustus 2021.

PKKMB dibuka Dekan FKIP Untad, Dr Ir Amiruddin Kade S.Pd M.Si didampingi Wakil Dekan Akademik, Dr Nurhayadi M.Si, Wakil Dekan Umum dan Keuangan, Abdul Kamaruddin S.Pd M.Ed Ph.D serta Wakil Dekan Kemahasiswaan, Dr Iskandar M.Hum. Kamis, 26 Agustus 2021. Pembukaan PKKMB dipandu pembawa acara dari mahasiswa FKIP Untad dengan memadukan tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Kalili.

Ketua Panitia PKKMB FKIP Untad, Rizal S.Ag M.Pd, menerangkan total mahasiswa baru FKIP tahun ini sebanyak 2.005 orang. Dari jumlah tersebut, bergabung mengikuti pembukaan PKKMB secara virtual 1.807 orang.

“Mungkin yang lain terkendala jaringan atau mungkin kendala kesehatan,” terang Rizal.

Dekan Amiruddin mengungkapkan dengan tambahan mahasiswa baru angkatan 2021, kini jumlah mahasiswa FKIP Untad mencapai mencapai 11.813 orang. Angka tersebut menurutnya seperempat dari total keseluruhan mahasiswa Universitas Tadulako.

“Anda memilih kuliah di FKIP, itu artinya berharap pada FKIP untuk masa depan anda. Anda memilih FKIP tidak salah untuk menjadi pendidik untuk mengembangkan sumber daya manusia,” ungkap Dekan. 

Namun demikian, Amiruddin mengatakan menjadi lulusan FKIP tidak seluruhnya harus menjadi guru. Disebut, beberapa bidang lain yang bisa digeluti seperti peneliti, wirausaha, dan lainnya.

“Anda tidak bisa berharap 100 persen menjadi guru karena keterbatasan penerimaan,” ujarnya.

Amiruddin menuturkan FKIP Untad merupakan fakultas yang terakreditasi dengan 13 program studi yang juga telah terakreditasi. Bahkan ada tiga program studi telah terakreditasi A.

Dekan meminta mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan proses perkuliahan secara daring. Apalagi dengan hadirnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa harus pintar-pintar memanfaatkan peluang dan teknologi informasi. Pada hari kedua PKKMB, akan dilakukan pengenalan di tingkat jurusan dan program studi di lingkup FKIP Untad.

“Saya harap mahasiswa baru serius mengikuti PKKMB ini karena menjadi langkah awal sebelum masuk ke program studi masing-masing mengikuti perkuliahan,” tandas Amiruddin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas