PADAT KARYA - Para pekerja Padat Karya saat melakukan bersih-bersih di sekitaran Jalan Moh. Yamin, Kota Palu. (Foto: Dok. Lolu Selatan)
  • Upah Naik Jadi Rp500 ribu

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu akan menaikkan gaji pekerja dalam program padat karya Kota Palu dari Rp250 Ribu menjadi Rp500 Ribu. Kepastian ini diutarakan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

“Oktober ini naik dari Rp250ribu menjadi Rp500ribu secara bertahap,” ungkap Walikota. Kamis 19 Agustus 2021.

Bersamaan dengan rencana kenaikan upah ini, Pemkot menurutnya juga akan mengatur kembali pola kerja dan waktu kerja program padat karya tersebut.

“Mengenai jam kerjanya, itu tengah dievaluasi,” katanya.

Demikian halnya terhadap pekerja dalam program tersebut. Kata wali kota, peserta yang berusia di atas 50 tahun dipertimbangkan untuk tidak lagi masuk dalam program tersebut.

“Rencananya kita istirahatkan tapi tetap akan mendapat perhatian dari pemerintah,” pungkasnya.

Untuk diketahui program padat karya lahir sejak Wali Kota Palu dijabat Rusdi Mastura. Saat itu pekerja dalam program tersebut diberi upah bulanan sebesar Rp500 ribu.

Tugas pekerja padat karya ini membersihkan lingkungan masing-masing kelurahan setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu.

Ketika Wali Kota dijabat Hidayat, pola padat karya ikut berganti. Jam kerja dan hari kerja dipangkas menjadi dua kali dalam seminggu. Titik pembersihan pun difokuskan pada fasilitas umum dan rumah-rumah ibadah. Namun upahnya juga ikut turun menjadi Rp250ribu per bulan. (bj*)

Ayo tulis komentar cerdas