CEK SUHU TUBUH - Seorang warga tampak santai ketika diobservasi sebelum disuntik vaksin Sinovac dalam program Palu Creative Vaccine di Subplaza Indonesia, Jalan Sam Ratulangi, Kota Palu, Rabu, 25 Agustus 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)
  • Palu Creative Vaccine

Palu, Metrosulawesi.id – Kelompok pemuda di Kota Palu, Sulawesi Tengah menggelar program kreatif unik bertajuk “Palu Creative Vaccine”. Sesuai temanya, langkah itu mengajak serta mewadahi publik untuk ber-vaksinasi virus corona atau Covid-19.

Palu Creative Vaccine digelar di kompleks pusat jajanan serba ada (Pujasera) atau Foodcourt Subplaza Indonesia, di Jalan Sam Ratulangi Nomor 55, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Rabu, 25 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 sampai selesai.

Dibahasakan Indonesia, Vaksin Kreatif Palu itu membuka kuota 200 peserta vaksin berlabel Sinovac, dan tentunya vaksinator dari nakes (tenaga kesehatan) Puskesmas Singgani Kota Palu.

Kuota 200 untuk dosis atau tahap pertama itu ternyata tak cukup ketika pendaftar hampir menyentuh angka 300.

“Ini membuktikan sampai saat ini warga Kota Palu menaruh antusias tinggi akan vaksinasi. Tentu ini merupakan realita positif demi membantu penanganan atau pengendalian wabah pandemik Covid-19,“ tutur Agri Sentanu, Koordinator Promosi dan Pemasaran Forum Palu Kreatif kepada Jurnalis Metrosulawesi di sela-sela program kolektifnya itu di Subplaza Indonesia, Rabu pagi, 25 Agustus 2021.

Forum Palu Kreatif sendiri adalah komunitas ekonomi kreatif kesenian berskala kolektif di bawah naungan Dinas Pariwisata Palu yang terbentuk satu bulan lalu yang telah di-SK kan oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

Forum Palu Kreatif mengumumkan sembari membuka pendaftaran vaksinasi sejak tiga hari lalu lewat desain nyentrik di akun Instagram resmi sesuai nama komunitas mereka.

“200 dosis (Vaksin Sinovac) itu diutamakan untuk pelaku UMKM dan industri serta pelaku seni Palu. Namun tetap kita membuka juga untuk warga umum,” ungkap Agri.

Dengan hanya disiapkan sepuluh orang panitia penyelenggara, gelaran lewat tagar #lekasvaksin sejak pagi hingga siang bolong dibondong peserta.

Gelaran perdana di Palu itu hasil kolaborasi Dinas Pariwisata Palu, Subplaza Indonesia, organisasi kesenian independen Forum Sudutpandang, serta HIPMI Kota Palu, dimana mewacanakan akan kembali menggelar program tersebut sesuai ketentuan waktu vaksin dosis kedua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Palu, Farid Yotolembah yang hadir di giat itu mengapresiasi ide unik pemuda tersebut.

“Luar biasa ide-ide Pemuda Palu ini ya, tetap menjalani kreativitasnya namun berhasil mengkolaborasikan dengan keadaan pagebluk corona ini. Mereka berhasil dengan bukti banyaknya masyarakat yang hadir ini,” kata Farid.

Dia pun menitipkan semangat kepada seluruh panitia agar terus berkreasi, senadakan keadaan daerahnya seperti zaman pagebluk corona kini yang bisa berikan nilai tambah tersendiri atas karya mereka.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas