PEMBUKAAN - Rektor Prof Mahfudz menyampaikan arahan saat pembukaan PKKMB Untad Tahun 2021 secara online, Senin 23 Agustus 2021. (Foto: Istimewa)
  • PKKMB Untad Dimulai, Akan Berlangsung Lima Hari

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) mulai melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021 secara online, Senin 23 Agustus 2021.

PKKMB mengusung tema tema “Pembentukan Karakter Ketadulakoan dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Kebiasaan Baru”. Ketua Panitia PKKMB Untad, Pasjan Satrimafitrah M.Si Ph.D, menerangkan peserta PKKMB kali ini sebanyak 8.930 orang. Pelaksanaannya selama lima hari untuk tingkat universitas dan fakultas.

“PKKMB Untad akan berlangsung secara daring selama tiga hari dari tanggal 23 – 25 Agustus untuk tingkat universitas dan dua hari dari tanggal 26 – 27 Agustus untuk tingkat fakultas,” terang Pasjan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, Dr Sagaf, mengatakan pelaksanaan PKKMB secara daring karena saat ini dalam situasi pandemi Covid-19. Dilaksanakan dengan melibatkan segenap civitas akademika Untad yang sebelumnya telah diberikan ToT (Training of Trainers) meliputi dosen, pegawai serta mahasiswa perwakilan organisasi kampus.  

“Sebanyak 8.930 mahasiswa akan terbagi dalam 10 gugus yaitu dalam satu gugus terbagi sebanyak 5 kelas sehingga terdapat 50 kelas yang ada di Untad termasuk PSDKU Tojo Una Una dan Morowali,” ujar Sagaf.

Sementara itu, Rektor Prof Dr Ir Mahfudz MP, menyebut PKKMB via online kali kedua dilaksankaan setelah sebelumnya pada awal pandemi tahun 2020. Dia berharap mahasiswa baru dapat mengikuti kegiatan dengan penuh perhatian dan fokus terhadap materi yang diberikan.

“Alhamdulilah, untuk tahun 2021 sudah jauh lebih baik konsep dan pelaksanaannya jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Harapannya selama lima hari kedepan, acara PKKMB dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Rektor juga mengharapkan mahasiswa baru segera vaksin di pelayanan vaksinasi terdekat. Tujuannya agar sewaktu-sewaktu perkuliahan tatap muka dimulai bisa menjadi salah satu ikhtiar terhindar dari paparan Covid-19.

“Saya mengharapkan mahasiswa baru agar melakukan vaksinasi dimasing-masing lokasi terdekat. Tak hanya mahasiswa baru, seluruh mahasiswa yang berkisar sekitar 40.000 saya harapkan segera ikut serta melakukan vaksinasi,” tandas Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas