TENAGA KESEHATAN - Tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-9 di RSUD Anutapura Palu. (Foto: Ist/ Dok. Facebook Herry Mulyadi)
  • Kota Palu Terbanyak Sembuh 305 Orang

Palu, Metrosulawesi.id Kebijakan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Pemberlakuan Pembatasan Msyarakat (PPLM) serta Lock Mikro Efektif (LME) yang diterapkan di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai menujukkan hasil yang baik.

Lonjakan jumah harian kasus pasien yang berhasil pulih dari virus Corona atau Covid-19 terus berlanjut. Hari ini Selasa 24 Agustus 2021, Dinas Kesehatan Sulteng melaporkan adanya rekor kasus pasien sembuh dari Covid-19.

Bahkan Dinas Kesehatan Sulteng dalam release yang di publis di laman resmi dinkes.sultengprov.go.id, disebutkan jumlah pasien sembuh dari Corona hari ini, berjumlah 966 orang. Dengan tambahan itu, total warga Sulteng yang terpapar Covid-19 dan kini sudah pulih kembali berjumlah 30.553 orang.

Lonjakan tertinggi pasien sembuh disumbang Kota Palu  yakni 305 orang dan Kabupaten Banggai sebanyak 233 orang. Berikutnya adalah Poso dengan 115 orang sembuh dari Corona, Donggala menempati penyumbang terbanyak keempat dengan tambahan 88 orang, dan di Toli-Toli berjumlah 56 orang.

Di Sigi dilaporkan pasien sembuh dari Corona berjumlah 55 orang, di bawahnya ada Buol dengan 26 orang sembuh, serta Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Tojo Una Una masing-masing 25 pasien sembuh.

Morowali bertambah 20 pasien sembuh, Morowali Utara (Morut) tercatat 17 pasien sembuh, sedangkan satu pasien sembuh lainnya disumbang Banggai Laut (Balut).

Namun, angka pasien baru terinfeksi Corona juga terus bertambah. Hari ini, jumlah pasien baru positif Covid-19 berjumlah 573 orang, sehingga kumulatif terpapar Corona di Sulteng kini menjadi 40.114 orang, sejak merembaknya wabah mematikan ini di Sulteng, medio Meret 2020 lalu.

Tambahan pasien baru positif  terbanyak dari Poso  sejumlah 128 orang, peringkat kedua adalah Kota Palu dengan jumlah 115 orang. Kemudian Banggai menyumbang 60 pasien baru, disusul berturut-turut Donggala 52 orang, Parigi Moutong (Parimo) dengan jumlah 50 orang positif.

Selajutnya di Morut berjumlah 47 orang, Sigi 33 orang, Tojo Una Una berjumlah 29 orang psitif, dan di Toli-Toli yang melaporkan 15 orang. Di Buol pasien baru Covid-19 berjumlah 13 orang, Morowali 12 orang, Bangkep 11 orang, serta Balut ada tambahan delapan pasien baru Corona.

Adapun angka kematian pasien Covid-19 juga bertambah 15 orang. Kini total kasus kematian diakibatkan Corona berjumlah 1.250 korban. Tambahan angka kematian terbanyak berasal dari Banggai dengan empat  kematian dan Donggala yakni tiga pasien meninggal.

Tiga daerah yakni Poso, Tojo Una Una dan Toli-Toli, melaporkan masing-masing ada dua pasien Covid-19 tutup usia, sedangkan Kota Palu dan Sigi juga masing-masing melaporkan satu pasien meninggal akibat terpapar Covid-19.

Dinas Kesehatan Sulteng  juga melaporkan jumlah kasus aktif hari ini mencapai 8.311 orang. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas