AIR BERSIH - Pemasangan sambungan jaringan air Bersih di Dusun Balanipa Kecamatan Dondo. (Foto: Istimewa)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Masyarakat yang tinggal di tiga dusun yaitu Dusun Tandailas, Dusun Balanipa dan Dusun Siginti Desa Malala Kecamatan Dondo sudah bisa menikmati sarana air bersih lewat pipa yang baru tersambung.

Hal itu diungkapan oleh Sudirman, salah satu warga Dusun Balanipa yang ikut merasakan manfaat dampak dari pembangunan jaringan pipa air bersih yang terpasang di rumahnya.

Kepada wartawan belum lama ini dia menjelaskan sebelum ada pekerjaan penyambungan jaringan pipa air bersih masuk ke kampungnya seperti sekarang ini, dia bersama beberapa warga dusun jika memerlukan air bersih terpaksa mengambil air dengan menggunakan sepeda motor ke desa lain. Ironisnya lagi untuk mendapatkan air bersih terpaksa mengatre sembari  menunggu giliran berikutnya. Selain itu aliran aliran yang ada saat itu tidak mampu mengairi tempat tinggal mereka.

Dikatakan, dia bersama warga yang berada di tiga dusun mengucapkan terimakasih kepada Moh. Fahmi Anggota DPRD Tolitoli dari Partai Nasdem yang ikut mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di tiga dusun itu di DPRD sehingga pekerjaan pembangunan jaringan air bersih dapat terlaksana sesuai harapan warga.

Terpisah, Ketua Komisi A di DPRD Moh Fahmi kepada wartawan, Senin (23/8/2021) mengatakan sudah sewajibnya mendengar aspirasi warga dari menyetujui apa yang mereka butuhkan selama ini, apalagi keinginan warga untuk mendapatkan air bersih adalah guna keperluan hidup mereka  sehari hari.

“Saat ini jaringan pipa air bersih sepanjang dua kilometer sudah rampung terpasang dan sedikitnya sudah ada 25 kepala keluarga rumahnya sudah disambung dan dipasangi meteran air secara gratis,” jelasnya.

Dikatakan adapun bagi warga yang rumahnya belum tersambung jaringan pipa air bersih nantinya akan diupayakan untuk di sambungkan, ungkap Moh Fahmi.

“Insya allah penyambungan jaringan pipa air bersih sepanjang 1 kilometer akan tetap kita lanjutkan sehingga semua warga dapat menkonsumsi air bersih dengan layak, itu adalah sebagai bentuk  komitmen kami,” ungkap Moh Fahmi Ketua Komisi A DPRD Tolitoli dari Partai Nasdem Dapil 4 Kecamatan Dondo.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas