Verna Inkiriwang. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Bupati Poso, Sulawesi Tengah, dr. Verna G.M Inkiriwang menyesalkan masih ada warganya yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan (prokes). Hal itu dikemukakannya saat memimpin rapat koordinasi persiapan pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Poso, Sabtu 21 Agustus 2021.

Bupati menekankan kesadaran masyarakat tentang kepatuhan memakai masker sebagai salah satu prokes yang sangat penting.

“Masih banyak warga yang berkeliaran tanpa menggunakan masker, sehingga sangat perlu diedukasi baik langsung maupun melalui imbauan media baliho, di medsos dan media lainnya,” kata Ketua Satgas Covid Poso itu.

Verna mengatakan, beberapa langkah yang ingin diambil pemerintah daerah, berkaitan dengan pemberlakuan PPKM, di antaranya terus mengencarkan vaksin, membatasi dan terus mengawasi acara-acara pesta dan melakukan penyekatan wilayah yang tidak mengganggu arus lalu lintas Trans Sulawesi. Seperti yang telah diterapkan di wilayah Tentena yang menyekat pelintas untuk tidak masuk ke daerah Torau yang efektif menurunkan angka kasus covid di wilayah tersebut.

Wakil Bupati Poso, Yasin juga menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat terkait degan penanganan covid.

“Seperti penanganan isolasi mandiri (isoman) yang dilakukan di rumah, sehingga perlu dilakukan isoman terpusat sesuai usulan Bupati yang sudah ditinjau langsung tempatnya,” katanya.

Wabup juga mengusulkan agar penanganan Covid memberikan efek kejut terhadap masyarakat di Poso.

Dalam rapat itu, Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf maupun Pamatwil PPKM Level 4 untuk wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Poso Kombespol Aman Guntoro, serta Dandim 1307 Kapten Czi Muhamad Basir juga sepakat untuk penanganan covid secara terpadu dan siap membackup upaya-upaya pemerintah daerah bersama satgas untuk penanganan Covid, khususnya pemberlakuan PPKM Level 4 agar masyarakat bisa mematuhinya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas