Firdaus Abd Karim. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng akan melaksanakan job fair atau bursa kerja secara online pada September mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Perluasan Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Provinsi Sulteng, Firdaus Abd Karim.

“Insyaallah, bulan depan (September) job fair online selama tiga hari, mungkin pertengahan bulan,” ungkapnya, Minggu 22 Agustus 2021.

Firdaus mengatakan pelaksanaan job fair akan menggandeng salah satu IO ternama di Kota Palu. Teknis pelaksanaan sedang dimatangkan antara pihak Disnakertrans Provinsi Sulteng dengan IO tersebut.

“Simpel saja pelaksanaannya, yang dulu job fair offline kita adopsi menjadi online,” ujar Firdaus.

Dia juga belum bisa mengungkapkan jumlah perusahaan akan terlibat dan target pencari kerja yang terekrut. Namun diupayakan semua perusahaan-perusahaan besar di Sulteng akan tetap dilibatkan.

Tujuannya agar bisa menyerap pencari kerja sebanyak-banyaknya, khususnya bagi mereka yang dirumahkan dampak pandemi Covid-19. Sebelumnya, Firdaus menyebut job fair dilaksanakan secara online untuk menghindari penyebaran secara online.

Pelaksanaan job fair tanpa tatap muka langsung guna mencegah penyebaran virus corona. Sebab dipastikan job fair akan menimbulkan kerumunan yang bisa menjadi klaster penularan Covid-19.

“Finalisasi kegiatannya kami belum tahu persis, sementara dirancang, tapi yang pasti secara online tidak seperti yang kita lakukan selama ini offline atau tatap muka,” ujar Firdaus.

Diketahui, pada 2020, Disnakertrans Provinsi Sulteng tidak melaksanakan job fair dampak pandemi virus corona (Covid-19). Pada job fair 2019, sedikitinya 1.000 orang lebih pencari kerja terekrut melalui bursa kerja yang digelar di Taman Gor Palu selama empat hari, tepatnya 20-24 Agustus.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas