Hasyim. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng melalui Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Hasim, mengungkapkan pelaksanaan seleksi Calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulteng masih menunggu SK pembentukan Tim Seleksi (Timsel).

“Sampai saat ini belum, menunggu SK ditandatangani ibu Ketua DPR (DPRD Sulteng),” ungkap Hasim, Jumat 20 Agustus 2021.

Dia menerangkan pembentukan Timsel calon komisioner KPID Sulteng merupakan kewenangan lembaga legistlatif. Jika telah terbentuk, sleanjutnya akan dilakukan rapat untuk menentukan waktu pembukaan pendaftaran, persyaratan dan tahapan-tahapan seleksi.

“Jadi nanti Timsel yang bekerja dibantu oleh Pansel (panitia seleksi) membantu administrasinya agar lancar,” terang Hasim.

Hasim mengatakan unsur Pansel diiisi dari dinas terkait, salah satunya Diskominfo Provinsi Sulteng. Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) akan memulai seleksi calon Komisioner KPID Sulteng dalam waktu dekat ini.

Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Hasim, mengungkapkan anggaran yang sempat menjadi kendala telah tersedia.

“Alhamdulillah, sudah ada pembahasan lebih lanjut antara pimpinan ibu Kadis Kominfo dengan Ketua Komisi I ibu Sri Lalusu mengenai hal itu (anggaran). Yang jelas ada solusi, sudah aman,” ungkap Hasim, Rabu, 14 Juli 2021.

Dia mengatakan pihak DPRD Sulteng akan segera menetapkan nama-nama yang bakal menjadi Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner KPID Provinsi Sulteng. Diperkirakan dalam waktu dekat akan dikeluarkan SK Penetapan Timsel tersebut.

“Sekarang sudah sementara pembuatan SK, itu ranahnya DPR, bukan kami. Mungkin bisa jadi sudah ditandatangai ibu Ketua DPR,” ujar Hasim.

Timsel dimaksud nantinya berjumlah lima orang perwakilan dari unsur pemerintah, akademisi, dan masyarakat. Secara internal, Diskominfo dipastikan telah siap melaksanakan seleksi sesuai kewenangan yang dimiliki.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas